Pengertian Metabolisme Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Istilah metabolisme pastinya berkaitan dengan bidang ilmu Biologi atau ilmu yang mempelajari mengenai fungsi organ-organ tubuh manusia. Sebenarnya apa itu metabolisme? Apa pengertian metabolisme menurut para ahli? Metabolisme berasal dari bahasa Yunani “metabole” yang berarti perubahan. Metabolisme terkadang juga bisa diartikan sebagai pertukaran zat antara satu sel atau secara keseluruhan dengan lingkungannya. Salah satu aktivitas protoplasma yang penting adalah pembentukan sel baru dengan cara pembelahan. Pengertian lain menyatakan bahwa metabolisme adalah pertukaran zat antara suatu sel atau suatu organisme secara keseluruhan dengan zat antara suatu sel atau organisme secara keseluruhan dengan lingkungannya.

8

                Metabolisme memiliki guna dan tujuan yang sangat penting bagi tubuh kita. Kegunaan dan tujuan metabolisme untuk kesehatan tubuh adalah bergerak, bereproduksi, mendapatkan dan menyimpan energi, menyusun dan merombak makanan, membentuk dan meroomkan struktur sel, serta menanggapi rangsangan. Selain guna dan tujuan, hal penting yang perlu diketahui pula adalah arah listasan metabolisme. Secara umum, metabolisme memiliki dua arah lintasan reaksi kimia organik, yaitu.

  • Katabolisme, yakni reaksi yang mengurai molekul senyawa organik untuk mendapatkan energi.
  • Anabolisme, yakni reaksi yang merangkai senyawa organik dari molekul-molekul tertentu, untuk diserap oleh sel tubuh.

                Sehubungan dengan pengertian metabolisme menurut para ahli, Arbianto mendefinisikan metabolisme sebagai serangkaian reaksi-reaksi kimia yang dikatalisasi oleh enzim-enzim yang mengubah senyawa-senyawa organik yang satu menjadi senyawa yang lain yang penting bagi organisme. Metabolisme merupakan perubahan kimia yang terdiri atas saluran untuk degradasi molekul makanan dan biosintesis secara kolektif. Semua proses metabolisme dalam tubuh bersifat intermedier, maksudnya perubahan satu zat menjadi zat lain biasanya menyangkut tahap-tahap berurutan yang zat kimia dapat dikenal.

                Proses metabolisme yang terjadi di dalam sel merupakan aktivitas yang sangat terkoordinasi, melibatkan kerja sama berbagai sistem enzim yang mengkatalis reaksi-reaksi secara bertahap dan memerlukan pengaturan metabolik untuk mengendalikan mekanisme reaksinya. Metabolisme meliputi proses sintesis (anabolisme) dan penguraian (katabolisme) senyawa atau komponen dalam sel hidup. Semua reaksi metabolisme dikatalis oleh enzim. Hal lain yang penting dalam metabolisme adalah peranannya dalam penawar racun atau detoksifikasi. Di atas telah dijelaskan mengenai proses metabolisme, proses tersebut memiliki empat fungsi spesifik. Kemmpat fungsi tersebut antara lain.

  1. Untuk memperoleh energi kimia dalam bentuk ATP dari hasil degradasi zat-zat makanan yang kaya energi yang berasal dari lingkungan.
  2. Untuk mengubah molekul zat-zat makanan (nutrisi) menjadi perkursor unit pembangun bagi biomolekul sel.
  3. Untuk menyusun unit-unit pembangun menjadi protein, asam nikleat, lipida, polisakarida, dan  komponen sel lain.
  4. Untuk membentuk dan merombak biomolekul.

                Berdasarkan pengertian metabolisme menurut para ahli dan beberapa penjelasan mengenai hakikat serta proses dan fungsinya, ada kesimpulan yang bisa kita ambil mengenai metabolisme. Menurut paparan di atas, metabolisme bisa diartikan sebagai segala proses reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup, mulai makhluk hidup bersel satu hingga yang memiliki susunan tubuh kompleks seperti manusia. Dalam hal ini makhluk hidup mendapat, mengubah, dan memakai senyawa kimia dari sekitarnya untuk mempertahankan hidupnya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian url  , pengertian riba , pengertian laporan keuangan , pengertian gender , pengertian kinerja , pengertian bola basket , pengertian hukum perdata , pengertian difusi , pengertian metabolisme , pengertian statistika , pengertian sistem pemerintahan

Related Posts