Pengertian CV Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                CV merupakan kependekan dari Curriculum Vitae. Dalam bahasa Indonesia diartikan dengan daftar riwayat hidup. CV menjadi salah satu syarat yang sangat penting dalam melamar sebuah pekerjaan. Oleh sebab itu, pengertian CV menurut para ahli sangat penting untuk dipelajari. Selain untuk menambah wawasan, juga bisa digunakan untuk tambahan ilmu agar bisa membuat CV yang baik saat melamar pekerjaan. CV yang bagus, entah dari segi bahasa atau isinya, bisa memengaruhi penilaian kita di depan penguji. Anda bisa lolos tes administrasi dengan lancar bila bisa membuat CV yang baik, runtut, dan sistematis.

                CV atau Curriculum Vitae adalah sebuah daftar riwayat hidup yang di dalamnya memuat biodata, berbagai pengalaman kerja, atau pengalaman organisasi, serta daftar pendidikan yang telah dijalani. Selain itu CV bisa dimaknai juga dengan sebuah deskripsi singkat tentang diri Anda dan hal-hal yang pernah dilakukan. Jadi, Curriculum Vitae lebih menjurus ke rangkuman kehidupan seseorang yang digunakan untuk memperkenalkan diri saat melamar pekerjaan. Fungsi CV sangatlah penting karena selain surat lamaran, hal berikutnya yang akan dilihat oleh penilai adalah CV Anda. CV yang baik bukan hanya memaparkan kehidupan Anda dengan jujur, melainkan CV tersebut harus bisa mempromosikan diri Anda di depan calon pemimpin.

7

                Secara umum, CV berisi delapan komponen utama. Kedelapan komponen tersebut adalah biodata, pendidikan, pendidikan tambahan (kursus), pengalaman organisasi, prestasi yang pernah diraih, kegiatan ekstrakurikuler yang pernah diikuti, keterampilan, dan pengalaman kerja. Kedelapan bagian tersebut harus bisa Anda pahami selain pengertian CV menurut para ahli. Ada beberapa lowongan pekerjaan yang meminta foto di CV Anda, namun tak sedikit pula yang meminta pas foto dilampirkan secara terpisah. Bila ketentuannya foto harus ditempel di CV, maka usahakan Anda mengatur foto sebaik mungkin agar bisa dilihat dengan jelas dan secara bersamaan tidak menutupi uraian kehidupan Anda. Disarankan taruhlah foto Anda di bagian kanan atas agar mudah dilihat. Ukuran yang diminta biasanya berkisar antara 3 x 4 cm atau 4 x 6 cm.

                Menurut beberapa ahli di bidang sumber daya manusia, ada lima konsep dasar dalam membuat Curriculum Vitae. Kelima konsep dasar tersebut adalah sebagai berikut.

  1. CV harus mampu memasarkan keterampilan Anda dengan kualifikasi dan pengalaman Anda.
  2. CV tidak boleh berfokus pada masa lalu, harus bisa mewakili siapa Anda dan kemampuan Anda saat ini.
  3. Penekanan harus diberikan kepada rencana Anda untuk masa depan dan bagaimana mencapai tujuan tersebut.
  4. CV harus lebih menekankan prestasi apa yang telah Anda capai saat melakukan pekerjaan tersebut.
  5. CV harus mencerminkan keterampilan dan kemampuan Anda, bukan hanya tindakan sehari-hari yang biasa di tempat kerja.

                Berdasarkan semua paparan di atas, termasuk pengertian CV menurut para ahli, kita jadi lebih mengetahui lebih detail mengenai CV. Dapat disimpulkan pula bahwa CV adalah cerminan diri Anda secara tertulis yang dibutuhkan untuk keperluan melamar pekerjaan. CV harus dibuat dengan sejujur mungkin, tanpa rekayasa, dan bisa meyakinkan penilai Anda. jangan terlalu menyombongkan diri dan jangan terlalu merendahkan diri pula, sampaikan riwayat Anda dengan sangat santun dan elegan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian promosi , pengertian perubahan sosial , pengertian algoritma , pengertian matematika , pengertian aplikasi , pengertian modal , pengertian struktur sosial , pengertian cv , pengertian wawasan nusantara , pengertian teater , pengertian tik

Related Posts