Pengertian Desain Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pengertian desain menurut para ahli tak bisa dilepaskan dari asal kata desain yang merupakan serapan dari bahasa asing. Desain berasal dari bahasa Inggris design yang bermakna rancang, rancangan, atau merancang. Namun, makna ini dinilai kurang mengekspresikan keilmuan, keluasan, dan kewibawaan profesi seorang desainer. Akhirnya, kalangan insinyur menggunakan istilah rancang bangun sebagai pengganti istilah desain. Berbeda dengan hal tersebut, kalangan kelimuan seni rupa, istilah desain tetap secara konsisten dan formal mempergunakannya.

                Menelaah pengertian desain menurut para ahli memang sangat penting. Namun, sebagai pembukanya kita ketahui terlebih dahulu pengertiannya secara sederhana. Pada dasarnya secara sederhana desain diartikan sebagai pola rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu benda. Desain merupakan langkah awal sebelum memulai membuat suatu benda, seperti baju, furniture, bangunan, dan sebagainya. Pada saat pembuatan desain biasanya mulai memasukkan unsur berbagai pertimbangan, perhitungan dan cita rasa, sehingga bisa dibilang bahwa sebuah desain merupakan bentuk perumusan dari berbagai unsur termasuk berbagai macam pertimbangan di dalamnya.

5

                Semakin hari pengertian desain semakin berkembang, semakin banyak pula muncul definisi-definisi yang menyertainya. Berikut ini beberapa pengertian desain menurut para ahli.

  • Menurut Coirul Amin, desain adalah kerangka bentuk, rancangan, motif, pola, corak.
  • Menurut The American Collage Dictionary, desain adalah garis besar, sketsa, rencana, seperti dalam kegiatan seni, bangunan, gagasan tentang mesin yang akan diwujudkan.
  • Menurut Ken Hurts, desain adalah proses iteratif yang melibatkan banyak aktivitas tinjauan ke belakang dan pararel.
  • Menurut Alexander, desain adalah temuan unsur fisik yang paling objektif.
  • Menurut Dedi Nurhadiat, desain adalah perencanaan untuk mewujudkan suatu gagasan.
  • Menurut Archer, desain adalah salah satu bentuk kebutuhan badani dan rohani manusia yang dijabarkan melalui berbagai pengalaman, keahlian, dan pengetahuannya yang mencerminkan perhatian pada apresiasi dan adaptasi terhadap sekelilingnya, terutama yang berhubungan dengan bentuk, komposisi, arti, nilai, dan berbagai tujuan benda buatan manusia
  • Menurut Widagdo, desain berkaitan dengan nilai-nilai kontekstual yang menyuarakan kebudayaan.
  • Menurut Dudy Wiyancoko, desain adalah segala hal yang berhubungan dengan pembuatan konsep, analisis data, project planning, drawing/rendering, cost calculation, prototyping, frame testing, dan test riding.
  • Menurut ICSID, desain adalah sebuah kegiatan kreatif yang mencerminkan keanekaan bentuk kualitas, proses, pelayanan dan sistem, bagaikan sebuah lingkaran yang saling berhubungan. Selain itu, desain merupakan faktor yang membangun kegiatan inovasi pemanusiaan teknologi, dinamika budaya dan perubahan ekonomi.
  • Menurut Andya Primanda, desain adalah upaya untuk menemukan titik tengah dari segala macam masukan yang seringkali berseberangan.
  • Menurut Jones, desain adalah tindakan dan inisiatif untuk mengubah karya manusia.
  • Menurut Soekarno & Lanawati Basuki, desain adalah pola rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu benda, seperti busana.
  • Menurut Janner Simarmata, desain adalah bagaimana aplikasi yang dirancang menjadi sesuai dengan kebutuhan.

Berdasarkan pengertian-pengertian ahli di atas,  ada dapat disimpulkan bahwa desain adalah suatu kegiatan kreatif yang menghasilkan sebuah rancangan ataupun hasil jadi yang inovatif sesuai dengan keilmuan dan profesi khusus yang dijalani dan memiliki prinsip dan unsur yang sama.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian tik , pengertian distribusi , pengertian komunitas , pengertian hukum pidana , pengertian biologi , pengertian desain , pengertian tema , pengertian sastra , pengertian hujan asam , pengertian linux , pengertian giro , pengertian chatting

Related Posts