Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Kebudayaan merupakan hal yang sangat luas. Bila diibaratkan sebuah samudera, kebudayaan menyimpan berbagai macam hal di dalamnya. Setiap waktu kebudayaan semakin berkembang dan bertambah, hal itu dipengaruhi oleh kebiasaan dan keberagaman di dalam masyarakat. Pengertian kebudayaan menurut para ahli pun ikut bertambah dengan semakin banyaknya para pakar yang mendalaminya. Mempelajari tentang kebudayaan memang tidak ada matinya. Tak ada kata bosan karena kebudayaan begitu beragam dan menarik. Indonesia sebagai negara dengan jutaan kebudayaan di setiap sukunya patut bangga dan menjaga kelestarian kebudayaan tersebut.

                Berikut ini adalah pengertian kebudayaan menurut para ahli. Ulasan definisi ini sangat beragam dan disampaikan berdasarkan sudut pandang berbeda sesuai dengan latar belakang tokoh tersebut. Kita pelajari semuanya sebagai bahan ilmu pengetahuan baru.

1

  • Menurut Koentjoroningrat, kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik dari manusia dengan belajar.
  • Menurut Nostrad, kebudayaan adalah sikap dan kepercayaan, cara berpikir, berperilaku, dan mengingat bersama oleh anggota komunitas.
  • Menurut Ki Hajar Dewantara, kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.
  • Menurut Croydon, kebudayaan adalah suatu sistem pola terpadu yang sebagian besar berada di bawah ambang batas kesadaran, tetapi semua yang mengatur perilaku manusia.
  • Menurut R. Seokmono, kebudayaan adalah seluruh hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dan dalam penghidupan.
  • Menurut Kupper, kebudayaan adalah sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengaruh bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik secara individu maupun kelompok.
  • Menurut Effat al-Syarqawi, kebudayaan adalah khazanah sejarah suatu bangsa/masyarakat yang tercermin dalam pengakuan/kesaksiannya dan nilai-nilainya, yaitu kesaksian dan nilai-nilai yang menggariskan bagi kehidupan suatu tujuan ideal dan makna rohaniah yang dalam, bebas dari kontradiksi ruang dan waktu.
  • Menurut Francis Merill, kebudayaan adalah pola-pola perilaku yang dihasilkan oleh interaksi sosial, semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh seseorang sebagai anggota suatu masyarakat yang ditemukan melalui interaksi simbolis.
  • Menurut Parsudi Suparlan, kebudayaan adalah keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakannya untuk memahami dan menginterprestasikan lingkungan dan pengalamanya, serta menjadi landasan bagi tingkah-lakunya.
  • Menurut iris Varner dan Linda Beamer, kebudayaan adalah pandangan yang koheren tentang sesuatu yang dipelajari, dibagi, atau dipertukarkan oleh sekelompok orang.
  • Menurut Sutan Takdir Alisyahbana, kebudayaan merupakan manifestasi dari cara berfikir.
  • Menurut Moh.Hatta, kebudayaan adalah ciptaan hidup dari suatu bangsa.
  • Menurut Mangunsarkoro, kebudayaan adalah segala yang merupakan hasil kerja jiwa manusia dalam arti yang seluas-luasnya.
  • Menurut Sidi Gazalba, kebudayaan adalah cara berfikir dan merasa yang menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan dari segolongan manusia yang membentuk kesatuan sosial dengan suatu ruang dan suatu waktu.
  • Menurut Djojodigono, kebudayaan adalah daya dari budi, yang berupa cipta, karsa dan rasa.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian chatting , pengertian kebudayaan , pengertian artikel , pengertian ekosistem , pengertian pajak , pengertian kurikulum , pengertian agama , pengertian data , pengertian motivasi , pengertian konstitusi , pengertian inflasi

Related Posts