Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pengertian kurikulum menurut para ahli akan dibahas dalam ulasan kali ini. Dalam dunia pendidikan, kurikulum merupakan salah satu hal yang terpenting. Dengan adanya kurikulum, sistem pendidikan menjadi lebih terstruktur dan materi yang disampaikan kepada siswa bisa dikontrol dengan baik. Secara etimologis, kurikulum berasal dari bahasa Yunani, yakni carier yang bermakna pelari dan curare yang bermakna tempat berpacu. Jadi, istilah kurikulum berasal daridunia olah raga pada zaman Romawi Kuno di Yunani, yang mengandung pengertian suatu jarak yang harusditempuh oleh pelari dari garis start sampai garis finish. Dalam bahasa Arab, kata kurikulum biasa diungkapkan dengan manhaj yang berarti jalan yang dilalui oleh manusia pada berbagai bidang kehidupan. Sedangkan kurikulum pendidikan (manhaj al-dirasah) dalam kamus Tarbiyahadalah seperangkat perencanaan dan media yang dijadikan acuan oleh lembaga pendidikan dalam mewujudkan tujuan-tujuan pendidikan.

5

                Sebelum membahas tentang pengertian menurut para ahli, kita ketahui terlebih dahulu konsep kurikulum dalam dunia pendidikan. Kurikulum mempunyai kedudukan sentral dalam seluruh proses pendidikan. Kurikulum mengarahkan segala bentuk aktivitas pendidikan demi tercapainya tujuan pendidikan. Kurikulum digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan yaitu pembentukan manusia yang sesuai dengan falsafah hidup bangsa. Maka kurikulum sebagai alat untuk mencapai tujuan harus mampu mengantarkan anak didik menjadi manusia yang bertaqwa, cerdas, terampil dan berbudi luhur, berilmu, bermoral, tidak hanya sebagai mata pelajaran yang harus diberikan kepada peserta didik semata, melainkan sebagai aktivitas pendidikan yang direncanakan untuk dialami, diterima, dan dilakukan.

                Berikut ini adalah pengertian kurikulum menurut para ahli.

  • Menurut Kerr, kurikulum adalah semua pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan secara individu ataupun secara kelompok, baik di sekolah maupun di luar sekolah.
  • Menurut Crow and Crow, kurikulum adalah rancangan pengajaran atau sejumlah mata pelajaran yang disusun secara sistematis untuk menyelesaikan suatu program untuk memperoleh ijazah.
  • Menurut Inlow, kurikulum adalah usaha menyeluruh yang dirancang oleh pihak sekolah untuk membimbing murid memperoleh hasil pembelajaran yang sudah ditentukan.
  • Menurut Carter V. Good, kurikulum adalah kelompok pengajaran yang sistematik atau urutan subjek yang dipersyaratkan untuk lulus atau sertifikasi dalam pelajaran mayor.
  • Menurut Neagley dan Evans, kurikulum adalah semua pengalaman yang dirancang dan dikemukakan oleh pihak sekolah.
  • Menurut Hilda Taba, kurikulum adalah pernyataan tujuan dan tujuan khusus, menunjukkan seleksi dan organiasi konten, mengimplikasikan dan memanifestasikan pola belajar mengajar tertentu, karena tujuan menuntut mereka atau karena organisasi konten mempersyaratkannya.
  • Menurut Beauchamp, kurikulum adalah dokumen tertulis yang mengandung isi mata pelajaran yang diajar kepada peserta didik melalui berbagai mata pelajaran, pilihan disiplin ilmu, rumusan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menurut Ronald C. Doll, kurikulum adalah konten dan proses formal maupun nonformal di mana pebelajar memperoleh pengetahuan dan pemahaman, perkembangan skill, perubahan tingkah laku, apresiasi, dan nilai-nilai di bawah bantuan sekolah.

Menurut UU No. 20 Tahun 2003, kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Menurut Addamardasyi dan Munir Kamil, kurikulum adalah sejumlah pengalaman pendidikan kebudayaan, sosial, olahraga, dan kesenian yang disediakan oleh sekolah bagi murid-murid di dalam dan di luar sekolah dengan maksud menolongnya untuk berkembang menyeluruh dalam segala segi dan merubah tingkah laku mereka sesuai dengan tujuan-yujuan pendidikan.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian chatting , pengertian kebudayaan , pengertian artikel , pengertian ekosistem , pengertian pajak , pengertian kurikulum , pengertian agama , pengertian data , pengertian motivasi , pengertian konstitusi , pengertian inflasi

Related Posts