Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Secara etimologi, bisnis berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Pengertian bisnis menurut para ahli sangatlah luas. Hal itu dikarenakan bisnis memiliki dua pengertian pokok. Pertama, bisnis adalah kegiatan-kegiatan. Kedua, bisnis adalah sebuah perusahaan. Kata bisnis sendiri memiliki tiga penggunaan tergantung cakupannya. Bisnis bisa merujuk pada badan usaha, yakni kesatuan secara hukum. Bisnis bisa pula merujuk pada hal teknis dan ekonomis dengan tujuan mencari keuntungan atau laba. Untuk penggunaan kata yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu.

                Sebuah bisnis membutuhkan pengusaha sebagai pelakunya. Seorang pengusaha harus mampu menghadapi tantangan dan risiko untuk mengombinasikan tenaga kerja, material, modal, dan modal manajemen secara baik sebelum memasarkan suatu produk. Seorang produsen harus mampu membuat produk secara efisien dalam jumlah maupun variasi yang dibutuhkan. Dalam kegiatan bisnis dibutuhkan sebuah motivasi. Motivasi utama kegiatan bisnis adalah laba, yang defenisikan sebagai perbedaan antara penghasilan dan biaya-biaya yang dikeluarkan. Dalam bisnis, para pengusaha harus dapat melayani pelanggan dengan cara yang menguntungkan untuk kelangsungan hidup perusahaan dalam jangka panjang, selain harus selalu mengetahui kesempatan-kesempatan baru untuk memuaskan keinginan pembeli.

4

                Berikut ini adalah pengertian bisnis menurut para ahli.

  • Menurut Huat, T Chwee, bisnis adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menurut Steinford, bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  • Menurut Griffin dan Ebert, bisnis adalah aktivitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen.
  • Menurut Allan Afuah, bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industri.
  • Menurut Glos, Steade, dan Lowry, bisnis merupakan sekumpulan aktifitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sember daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen.
  • Menurut Musselman dan Jackson, bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industry yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.
  • Menurut Mahmud Machfoed, bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
  • Menurut Brown dan Petrello, bisnis ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

                Dari beberapa pengertian bisnis menurut para ahli di atas, kita bisa menyimpulkan beberapa hal. Pertama, bisnis dianggap sebagai badan usaha yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap barang dan jasa. Kedua, bisnis juga bisa dianggap sebagai sebuah aktivitas yang dilakukan dalam prinsip-prinsip ekonomi di mana salah satu  unsur yang dibutuhkan adalah pelaku, yang biasa disebut dengan istilah pengusaha. Semoga ulasan mengenai bisnis ini bisa berguna dan menambah pengetahuan kita mengenai dunia perekonomian, khususnya dunia bisnis.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian inflasi , pengertian koperasi , pengertian norma , pengertian seni rupa , pengertian bisnis , pengertian otonomi daerah , pengertian lingkungan hidup , pengertian jaringan , pengertian drama , pengertian budaya politik , pengertian software

Related Posts