Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Umumnya, sosialisasi disejajarkan maknanya dengan istilah penyuluhan. Namun, apakah kedua istilah tersebut memang memiliki makna yang sama? Lantas, seperti apa pengertian sosialisasi menurut para ahli? Secara umum, sosialisasi bisa diartikan sebagai proses yang berlangsung sepanjang hidup manusia. Proses yang dimaksud adalah sebuah proses penyesuaian denan keadaan lingkungan sekitar. Dalam sosialisasi terjadi saling memberikan pengaruh antara individu dengan segala potensi kemanusiaannya, kebudayaan, dan masyarakat sekitarnya. Dengan proses sosialisasi ini, seseorang bisa menyerap pengetahuan atau ilmu, kepercayaan, iman, nilai-nilai, norma, sikap, dan segala keterampilan dari kebudayaan masyarakat tersebut. Hasil dari proses sosialisasi adalah perkembangan pribadi seseorang yang unik, selain itu kebudayaan masyarakat bisa terpelihara dan berkembang pula melalui proses sosialisasi ini.

                Selain pengertian sosialisasi menurut para ahli, sosialisasi juga bisa diartikan sebagai salah satu sarana yang mempengaruhi kepribadian seseorang. Jadi, kepribadian seseorang sangatlah bergantung kepada cara individu bersosialisasi dengan orang lain. Lingkungan, masyarakat, kebudayaan, dan segala hal yang terjadi di sekitarnya bisa membentuk karakter seseorang sebagai akibat dari proses sosialisasi ini. Ilmu yang mempelajari mengenai segala hal tentang sosialisasi disebut dengan ilmu sosiologi, yakni ilmu hubungan manusia dengan lingkungan dan makhluk di sekitarnya.

1

                Untuk lebih memahami konsep mengenai sosialisasi, berikut ini adalah paparan definisi yang dikemukakan oleh para pakar. Pengertian sosialisasi menurut para ahli ini didasarkan pada pengalaman mereka selama mengkaji ilmu sosiologi.

  • Menurut Soerjono Soekanto, sosialisasi adalah proses sosial tempat seorang individu mendapatkan pembentukan sikap untuk berperilaku yang sesuai dengan perilaku orang-orang di sekitarnya.
  • Menurut Broom & Selznic, sosialisasi adalah proses membangun atau menanamkan nilai-nilai kelompok pada diri seseorang.
  • Menurut Peter L. Berger, sosialisasi ialah proses pada seorang anak yang sedang belajar menjadi anggota masyarakat.
  • Menurut Stewart, sosialisasi adalah proses memperoleh kepercayaan, sikap, nilai, dan kebiasaan dalam kebudayaannya.
  • Menurut Charlotte Buhler, sosialisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri terhadap bagaimana cara hidup dan bagaimana cara berpikir kelompoknya, agar ia dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya.
  • Menurut Horton & Hunt, sosialisasi adalah proses dimana seseorang menginternalisasikan norma-norma kelompok tempat ia hidup sehingga berkembang menjadi satu pribadi yang unik.
  • Menurut Koentjaraningrat, sosialisasi adalah seluruh proses di mana seorang individu sejak masa kanak-kanak sampai dewasa, berkembang, berhubungan, mengenal, dan menyesuaikan diri dengan individu-individu lain yang hidup dalam masyarakat sekitarnya.
  • Menurut Irvin L. Child, sosialisasi adalah segenap proses yang menuntut individu mengembangkan potensi tingkah laku aktualnya yang diyakini kebenarannya dan telah menjadi kebiasaan serta sesuai dengan standar dari kelompoknya.
  • Menurut Robert M.Z. Lawang, sosialisasi adalah proses mempelajari norma, nilai, peran, dan semua persyaratan lainnya yang diperlukan untuk memungkinkan partisipasi yang efektif dalam kehidupan sosial.
  • Menurut Ritcher JR, sosialisasi adalah proses seseorang memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlakukannya agar dapat berfungsi sebagai orang dewasa dan sekaligus sebagai pemeran aktif dalam suatu kedudukan atau peranan tertentu di masyarakat.
  • Menurut Bruce J. Cohen, sosialisasi adalah proses-proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakat untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitasnya agar berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggota.
  • Menurut Paul B. Horton, sosialisasi adalah suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarakat tempat tinggalnya sehingga akan membentuk kepribadiannya.
  • Menurut Prof. Dr. Nasution, S.H., sosialisasi adalah proses membimbing individu ke dalam dunia sosial (sebagai warga masyarakat yang dewasa).
  • Menurut Sukandar Wiraatmaja, sosialisasi adalah proses belajar mulai bayi untuk mengenal dan memperoleh sikap, pengertian, gagasan dan pola tingkah laku yang disetujui oleh masyarakat.
  • Menurut Edward Shils, sosialisasi adalah proses sosial yang dijalankan seseorang atau sepanjang umur yang perlu dilalui seorang individu untuk menjadi seorang anggota kelompok dan masyarakatnya melalui pembelajaran kebudayaan dari kelompok dan masyarakat itu.
  • Menurut Jack Levin dan James L. Spates, sosialisasi adalah proses pewarisan dan pelembagaan kebudayaan ke dalam kepribadian individu.
  • Menurut Nursal Luth, sosialisasi adalah suatu proses ketika individu menerima dan menyesuaikan diri dengan masyarakat.
  • Menurut John C. Macionis, sosialisasi adalah pengalaman sosial seumur hidup di mana individu dapat mengembangkan potensinya dan mempelajari pola-pola kehidupan.
  • Menurut David Gaslin, sosialisasi merupakan proses belajar yang dialami seseorang untuk memperoleh pengetahuan tentang nilai dan norma-norma agar ia dapat berpartisipasi sebagai anggota kelompok masyarakat.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian energi , pengertian sosialisasi , pengertian hardware , pengertian website , pengertian hubungan internasional , pengertian wirausaha , pengertian pembelajaran , pengertian iman , pengertian nilai , pengertian pers , pengertian sepak bola

Related Posts