Pengertian Blog Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Di zaman modern yang semuanya serba canggih ini, istilah blog sudah bukan hal yang asing lagi di telinga kita. Meski tak banyak orang benar-benar memahami pengertian dan konsep blog, tetapi pengguna dan pembuat blog terus bertambah setiap harinya. Memang kebanyakan dari mereka hanya mengikuti tren yang berkembang tanpa memahami dasar ilmunya. Mengetahui pengertian dan konsep blog tentunya perlu agar saat menggunakan atau membuat blog bisa lebih matang. Ditambah lagi dengan pengertian blog menurut para ahli yang bisa dijadikan pengetahuan tambahan. Pada dasarnya blog berasal dari kata web blog yang disingkat dengan blog agar lebih mudah diingat dan diucapkan.

                Secara umum, blog bisa diartikan sebagai salah satu bentuk aplikasi web di internet yang terdiri atas tulisan berupa cerita, laporan, pembahasan suatu masalah, dan sebagainya yang disebut dengan istilah poting pada sebuah halaman web pribadi. Blog bisa juga dijadikan sebagai catatan harian, bahkan ada yang menyebutnya sebagai buku harian modern atau buku harian elektronik. Blog bisa diakses oleh semua pengguna internet asal mengetahu alamat blog tersebut. Melalui blog, seseorang bisa mendapatkan keuntungan berupa uang. Tak sedikit orang yang telah memanfaatkan blog sebagai mata pencaharian. Blog biasanya ditulis menggunakan platform gratis seperti Blogger, WordPress, Sblogsome, Multiply, dan masih banyak lagi. Namun, ada juga yang menggunakan doman atau hosting pribadi. Hal tersebut bisa emberikan kesan lebih personal dan profesional.

6

                Untuk melengkapi pengertian umum di atas, berikut ini adalah pengertian blog menurut para ahli.

  • Menurut Harvard University, weblog adalah hierarki teks, gambar, objek media dan data yang tersusun secara kronologis dan dapat dilihat dalam browser HTML.
  • Menurut Wikipedia, blog adalah sebuah situs yang itemnya diposkan secara berkala dan ditampilkan dalam urutan kronologis mundur.
  • Menurut Marketingterms Dictionary, blog adalah sebuah publikasi kronologis yang menyebarkan mengenai pikiran seseorang dan dalam bentuk link web.
  • Menurut Matisse.net, blog adalah sebuah jurnal yang tersedia di web.

                Blog biasanya memang ditulis secara pribadi atau personal, namun saat ini telah banyak blog bermunculan atas nama sebuah komunitas atau organisasi. Teknis pembuatan dan pengelolaannya tetap sama, blog selalu diperbarui secara berkala. Blog memang dibuat untuk memposting tulisan-tulisan yang ingin ditunjukkan untuk orang banyak, tetapi tidak ada salahnya bila blog yang dibuat juga disisipi dengan hal-hal yang menarik. Blog bisa diberi aksen gambar-gambar lucu, musik, atau bahkan foto-foto yang lebih membuatnya terlihat menarik untuk dikunjungi. Apalagi sekarang telah banyak animasi dan aplikasi yang tersedia untuk mempercantik blog Anda.

                Selain pengertian blog menurut para ahli, hal yang tak kalah pentingnya adalah sejarah blog. Blog pertama kali muncul dan dipopulerkan oleh pyralab yang kemudian diakusisi oleh Google.com pada tahun 2002. Namun, asumsi yang berkembang dan diketahui oleh masyarakat adalah bahwa blog pertama kali muncul pada tahun 1993 yang dibuat oleh marc Andersen. Lalu selanjutnya muncul web-web personal lainnya tahun 1999. Sejak saat itulah maka blog semakin berkembang pesat hingga saat ini.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian moral , pengertian kepemimpinan , pengertian saham , pengertian islam , pengertian www , pengertian cinta , pengertian blog , pengertian pengetahuan , pengertian laporan , pengertian browser , pengertian olahraga

Related Posts