Pengertian Bank Syariah Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Saat ini bank syariah mulai menjamur di dunia perbankan. Hampir semua bank nasional berlomba-lomba membentuk bank syariah. Alasannya karena bank syariah kini menjadi salah bank yang popular di masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia. Bank syariah dipandang lebih memberikan kenyamanan dan berkah bila dibandingkan dengan bank konvensional. Sebenarnya apa itu bank syariah? Apa bedanya dengan bank konvensional yang selama ini sudah dikenal lebih dulu? Bagaimana pula pengertian bank syariah menurut para ahli? Sebagian besar masyarakat beralih ke bank syariah memang bukan karena mengerti dan paham mengenai pengertian dan konsep bank syariah, mereka hanya mengikuti tren dunia perbankan yang memang saat ini sedang berpihak pada bank syariah.

                Pengertian bank menurut UU No. 10 tahun 1998 adalah sebuah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit  dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Sedangkan pengertian bank syariah adalah badan usaha berupa bank yang mengoperasikan usahanya berdasarkan prinsip bagi hasil yang sesuai dengan kaidah ajaran Islam tentang hukum riba. Pada dasarnya bank syariah tidak berbeda jauh dengan bank konvensional. Perbedaan mendasar hanya pada prinsip usaha saja. Bila bank konvensional menerapkan prinsip bunga, bank syariah lebih menekankan pada prinsip bagi hasil karena berpedoman pada ajaran Islam.

3

                Berikut ini adalah beberapa pengertian bank syariah menurut para ahli. Semoga definisi-definisi berikut bisa semakin membuat Anda memahami mengenai bank syariah.

  • Menurut Schaik, bank syariah adalah bentuk dari bank modern yang berdasar pada hukum Islam, dikembangkan pada abad pertengahan Islam, menggunakan konsep bagi risiko sebagai metode utama dan meniadakan sistem keuangan berdasarkan kepastian dan keuntungan yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Menurut UU No. 10 Tahun 1998, bank syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasar prinsip syariah dan menurut jenisnya terdiri atas bank umum syariah dan bank pembiayaan sakyat syariah.
  • Menurut Sudarsono, bank syariah adalah lembaga keuangan yang memberikan kredit dan jasa-jasa lainnya dalam lalu lintas pembayaran serta peredaran uang yang beroperasi dengan prinsip-prinsip syariah.
  • Menurut M. Syafe’I Antonio dan Perwataatmadja, bank syariah adalah bank yang beroperasi berdasar prinsip-prinsip syari’ah Islam dan tata caranya mengacu kepada ketentuan Al-Quran dan Hadits.
  • Menurut Siamat Dahlan, bank syariah adalah bank yang menjalankan usahanya berdasar prinsip-prinsip syariah dengan mengacu pada Al-Quran dan Al-Hadits.

                Meski memiliki prinsip dan pengertian yang berbeda, tetapi bank syariah memiliki fungsi yang sama dengan bank-bank lainnya. Fungsi-fungsi tersebut adalah menciptakan uang, mendukung kelancaran mekanisme pembayaran, menghimpun dana simpanan masyarakat, dan mendukung kelancaran transaksi internasional. Keempat fungsi tersebut bisa ditambahkan ke dalam pengertian bank syariah menurut para ahli agar masyarakat lebih memahami konsep bank syariah. Semoga ulasan mengenai bank syariah di atas bisa menambah pengetahuan kita. Bank syariah sebagai terobosan baru dalam dunia perbankan bisa dijadikan salah satu pilihan bagi masyarakat dalam memanfaatkan lembaga keuangan tersebut.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian olahraga , pengertian psikologi , pengertian sampah , pengertian bank syariah , pengertian gempa bumi , pengertian router , pengertian investasi , pengertian microsoft word , pengertian search engine , pengertian musik , pengertian web browser

Related Posts