Pengertian Gempa Bumi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pengertian gempa bumi menurut para ahli bisa ditemukan dalam kajian ilmu mengenai bumi, yakni ilmu geografi. Istilah gempa bumi sudah bukan lagi hal yang tabu untuk dibahas. Gempa bumi menjadi salah satu jenis bencana alam yang sudah sering terjadi di bumi kita yang semakin lama semakin tua ini. Keadaan bumi yang semakin rapuh membuat intensitas gempa bumi di berbagai wilayah ikut meningkat. Sudah banyak program yang digalakkan pemerintah untuk mengurangi intensitas gempa bumi. Masyarakat juga mulai disadarkan untuk tidak melakukan aktivitas-aktivitas berbahaya yang bisa memicu timbulnya gempa bumi. Sebagai salah satu jenis bencana alam besar yang berbahaya, gempa bumi memang tidak dapat diprediksi waktunya, tetapi kita bisa mengetahui tanda-tandanya dan meminimalisasi terjadinya bencana tersebut.

                Gempa bumi atau dalam dunia geografi dikenal dikenal dengan istilah seisme adalah guncangan akibat pergerakan lapisan batu bumi atau lempeng bumi yang berasal dari bawah permukaan bumi. Getaran ini bersumber dari dalam bumi, merambat melalui permukaan bumi, dan menembus bumi sehingga makhluk hidup yang berada di permukaan bumi bisa merasakan getarannya. Gerakan getaran gempa bumi sangatlah cepat sehingga sulit untuk memprediksinya. Selain itu, getaran yang hebat bisa merusak segala macam bangunan yang ada di atasnya. Bencana ini kebanyakan terjadi di daerah yang dikelilingi lautan dan pegunungan.

44

                Jenis gempa bumi bermacam-macam. Selain pengertian gempa bumi menurut para ahli, gempa bumi juga bisa dipelajari jenisnya berdasarkan penyebab bencana alam itu terjadi. Jenis-jenis gempa bumi berdasarkan penyebabnya adalah sebagai berikut.

  • Gempa bumi tektonik, disebabkan oleh aktivitas tektonik yaitu pergeseran lempeng-lempeng tektonik secara mendadak dengan kekuatan kecil hingga besar. Ada tiga hal yang bisa terjadi dalam gempa bumi ini, yakni penunjaman antara kedua lempeng samudra, penunjaman antara lempeng samudra dan lempeng benua, dan tumbukan antara kedua lempeng benua. Getaran yang kuat dalam gempa bumi ini mampu menjalar ke seluruh bagian bumi.
  • Gempa bumi tumbukan, diakibatkan tumbukan meteor atau asteroid yang jatuh ke bumi. Fenomena gempa bumi ini jarang sekali terjadi, rentan waktunya bisa ratusan hingga ribuan tahun lamanya.
  • Gempa bumi runtuhan, sering terjadi pada daerah kapur atau daerah pertambangan. Gempa bumi ini bersifat lokal karena terjadi di satu wilayah saja.
  • Gempa bumi buatan, disebabkan oleh aktivitas manusia, misalnya bom nuklir, pemasangan pasak bumi, peledakan dinamit, dan aktivitas-aktivitas berbahaya lainnya.
  • Gempa bumi vulkanik, terjadi akibat aktivitas magma pada gunung berapi. Gempa bumi ini biasanya terjadi sebelum gunung berapi meletus sehingga gempa dijadikan tanda-tanda bahwa gunung berapi dalam kondisi membahayakan. Getaran tanah yang terjadi ditimbulkan dari tekanan magma yang melepaskan energinya secara tiba-tiba ke permukaan.

                Pengertian gempa bumi menurut para ahli bisa dipelajari dari berbagai aspek mengenai gempa bumi. Yang terpenting adalah kita bisa mengetahui seperti apa gempa bumi, proses terjadinya, dampak yang ditimbulkan, dan jenis-jenisnya. Mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan bencana alam adalah keharusan. Tentunya agar kita bisa menjaga keselamatan diri dan lingkungan sekitar.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian olahraga , pengertian psikologi , pengertian sampah , pengertian bank syariah , pengertian gempa bumi , pengertian router , pengertian investasi , pengertian microsoft word , pengertian search engine , pengertian musik , pengertian web browser

Related Posts