Pengertian Router Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Istilah router mungkin bukanlah istilah yang umum didengar oleh masyarakat awam. Bahkan bagi pengguna teknologi komputer dan internet. Ya, istilah ini memang berhubungan dengan teknologi komputer dan internet, tetapi tidak semua pengguna komputer dan internet memahami istilah ini. Sebenarnya apa router itu? Apa pula pengertian router menurut para ahli? Penggunaan istilah yang tidak umum membuat router menjadi kata yang tidak bisa digunakan dalam banyak perbincangan. Masih sedikit pula materi atau bahan yang membahas mengenai teknologi satu ini. Secara singkat router termasuk dalam komponen hardware atau perangkat keras tambahan pada komputer. Dikatakan tambahan karena perangkat ini sebenarnya bukan merupakan perangkat yang ada di semua komputer. Hanya orang-orang yang membutuhkannya yang akan membelinya secara terpisah dan memasang di komputer miliknya.

                Router adalah perangkat jaringan yang mengirimkan paket data dari suatu jaringan internet menuju tujuannya melalui sebuah proses. Fungsi utama dari router ini adalah menghubungkan beberapa jaringan atau network, baik yang menggunakan teknologi sama maupun berbeda. Proses yang dijalankan router disebut dengan routing. Perangkat ini bisa menghubungkan dua jaringan internet atau bahkan lebih. Beberapa orang masih mempertanyakan perbedaan router dengan switch. Perbedaannya adalah router berfungsi menghubungkan 2 atau lebih jaringan LAN, sedangkan switch menghubungkan beberapa perangkat untuk membentuk jaringan LAN sendiri.

5

                Dalam pengertian router menurut para ahli, router dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar. Proses ini disebut dengan internetwork. Selain itu, router juga bisa digunakan untuk membagi sebuah jaringan menjadi beberapa subnetwork untuk meningkatkan kinerja dan mempermudah manajemen jaringan internetnya. Router biasa digunakan untuk jaringan internet berbasis teknologi protokol TCP/IP. Router jenis seperti ini dinamakan dengan IP router. Internet yang biasa kita gunakan sehari-hari bisa menjadi contoh jaringan router yang memiliki IP router.

                Secara umum, ada dua jenis router, yakni router statis dan router dinamis. Souter statis atau static router adalah router yang mempunyai tabel routing statis dan disetting dengan cara manual oleh administrator jaringan tersebut. Sedangkan router dinamis atau dynamic router adalah router yang mempunyai dan membuat tabel routing dinamis dengan membaca lalu lintas jaringan dan saling berhubungan dengan router yang lainnya. Kedua router di atas bisa menjadi pilihan dalam menentukan pemakaian router yang Anda perlukan.

                Selain kedua jenis router tersebut, dalam pengertian router menurut para ahli juga terdapat tiga jenis router lainnya.ketiga jenis tersebut, yakni router PC, router hardware, dan router aplikasi. Router PC adalah sistem operasi yang memiliki fasilitas men-sharing dan membagi IP Address. Untuk membuat router PC tidak harus menggunakan komputer dengan spesifikasi yang sangat tinggi, yang terpenting komputer tersebut harus diinstal dengan sistem operasi khusus untuk router. Router hardware adalah perangkat yang memiliki kemampuan seperti router pada umumnya sehingga perangkat keras tersebut dapat membagi, memancarkan, dan men-sharing IP Address. Router aplikasi adalah sebuah aplikasi yang diinstal pada sistem operasi sehingga membuat sistem operasi tersebut memiliki kemampuan seperti router.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian olahraga , pengertian psikologi , pengertian sampah , pengertian bank syariah , pengertian gempa bumi , pengertian router , pengertian investasi , pengertian microsoft word , pengertian search engine , pengertian musik , pengertian web browser

Related Posts