Pengertian Search Engine Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Search engine atau bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti mesin pencari adalah alat yang digunakan untuk mencari informasi dalam dunia maya atau dunia internet. Sedangkan internet adalah salah satu jaringan yang bisa memenuhi segala macam informasi yang diperlukan oleh semua orang di seluruh dunia. Jadi, search engine merupakan salah satu terobosan dalam dunia internet yang semakin hari semakin berkembang dengan pesatnya. Pengertian search engine menurut para ahli juga semakin pesat mengikuti perkembangan jaringan internet itu sendiri. Search engine disebut-sebut sebagai perpustakaan dunia dengan bantuan internet sebagai perantara jaringannya.

                Searche engine adalah sebuah software atau perangkat lunak yang didesain untuk melakukan pencarian data atau informasi yang diminta oleh user melalui word wide web (www). Dari proses pencarian tersebut akan muncul informasi yang diinginkan yang bisa bersumber dari sebuah blog atai website tertentu yang kemudian disebut dengan search engine result pages. Selain berupa blog atau website, hasil pencarian juga bisa ditampilkan dalam bentuk gambar, animasi, musik, film, dan tipe file lainnya sesuai dengan kebutuhan yang diminta oleh user. Sumber lain menyebutkan bahwa search engine adalah sebuah website yang bekerja untuk mencari berbagai informasi yang dibutuhkan oleh user. Dengan software ini, user bisa menemukan jutaan informasi dalam waktu super singkat.

8

                Selain pengertian search engine menurut para ahli, ada baiknya bila kita juga mengetahui fungsi dari adanya search engine di jaringan internet. Fungsi search engine adalah sebagai berikut.

  • Tentunya fungsi utama dari mesin pencari ini adalah untuk menemukan informasi yang dibutuhkan oleh user di internet.
  • Selain informasi yang memang dibutuhkan, user bisa menemukan informasi tambahan terkait dengan informasi utamanya karena search engine menampilkan berbagai info terkait di dalamnya.
  • Memberikan Anda kemudahan dalam mencari informasi dengan cepat.
  • Mampu mengontrol malware berbahaya yang bisa masuk ke komputer Anda kapan saja.
  • Berfungsi layaknya index buku di sebuah perpustakaan tercanggih sepanjang masa yang mampu menunjukkan lokasi kata atau istilah.

                Ada beberapa jenis search engine yang popular karena banyak digunakan oleh user di seluruh dunia. Jenis-jenis tersebut adalah Google, Yahoo, Bing, Live, Ask, Open Directory, Altavista, AOL, Altheweb, Baidu, dan Looksmart. Dari berbagai jenis tersebut, Google menempati posisi pertama sebagai mesin pencari terpopuler di dunia. Hal ini sangat wajar karena Anda bisa mencari berbagai jenis informasi melalui search engine yang satu ini, tak hanya dokumen tapi juga gambar, musik, animasi, film, dan berbagai informasi lainnya. Informasi-informasi tersebut juga selalu di-update untuk mengikuti perkembangan zaman dan keinginan user-nya.

                Cara kerja search engine sangatlah menarik. Search engine memang telah menyimpan segala informasi yang dibutuhkan dalam databasenya. Informasi ini dikumpulkan oleh software khusus yang secara otomatis akan mengikuti hyperlink yang diminta pada setiap halamannya. Lalu link tersebut akan menganalisis dan melakukan pencarian sesuai kata kunci yang telah dimasukkan. Setelah link ditemukan dan proses analisis selesai, tampillah informasi yang diinginkan oleh user. Semoga ulasan mengenai pengertian search engine menurut para ahli ini bisa bermanfaat.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian olahraga , pengertian psikologi , pengertian sampah , pengertian bank syariah , pengertian gempa bumi , pengertian router , pengertian investasi , pengertian microsoft word , pengertian search engine , pengertian musik , pengertian web browser

Related Posts