Pengertian Musik Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Selalu menyenangkan dan menarik bila membahas mengenai musik. Tak ada orang di dunia ini yang tak suka dengan musik, apapun jenis musiknya. Dalam ilmu psikologi, musik bisa dijadikan terapi penyembuhan berbagai penyakit jiwa. Dalam dunia pendidikan, musik bisa dijadikan motivasi belajar dan masih banyak lagi hal menarik dari musik yang bisa ditemui dalam berbagai bidang ilmu. Begitu pentingnya musik dalam hidup kita, sudah pahamkah Anda dengan pengertian musik? Termasuk dengan pengertian musik menurut para ahli? Sebaiknya kita mempelajari hal tersebut agar lebih memahami mengenai musik dan membuat musik semakin menarik dalam hidup kita.

                Musik terus berkembang dari waktu ke waktu seperti pengertian musik menurut para ahli. Hal tersebut dipengaruhi juga oleh perkembangan budaya manusia. Tren musik yang sedang digandrungi oleh beberapa kalangan juga bisa membuat perkembangan musik menjadi berubah-ubah. Di dunia ini terdapat banyak jenis musik, seperti pop, jazz, keroncong, klasik, rock, dangdut, instrumental, dan lainnya. Setiap jenis musik tersebut memiliki ciri khas yang tidak sama dengan jenis lainnya. Penggemar setiap jenis musik tersebut juga tidak bisa dipandang sebelah mata. itu sebabnya musik juga semakin berkembang dikarenakan peminatnya yang tak pernah surut dimakan zaman. Secara umum, musik diartikan sebagai nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (terutama yang menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi).

9

                Selain pengertian secara umum di atas, ada pula pengertian musik menurut para ahli. Berikut ini adalah uraian definisi musik yang dikemukakan oleh beberapa pakar yang telah mumpuni di bidang seni musik.

  • Menurut Koentjaraningrat, musik adalah bagian dari kesenian, dan kesenian adalah salah satu unsur kebudayaan.
  • Menurut Suhastjarja, musik adalah ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk konsep pemikiran bulat dalam wujud nada dan bunyi yang mengandung ritme dan harmoni serta mempunyai bentuk dalam ruang waktu yang dikenal di masyarakat.
  • Menurut Banor, musik adalah calah satu cabang seni yang membahas dan menetapkan berbagai suara ke dalam pola-pola yang bisa dipahami oleh manusia.
  • Menurut Adjie Esa Poetra, musik adalah buyni teratur yang tidak hanya bersifat moral normatif melainkan juga berdasarkan penghitungan ahli ilmu fisika.
  • Menurut Merriam, musik adalah suatu lambang dari hal-hal yang berkaitan dengan ide dan perilaku masyarakat.
  • Menurut Jamalus, musik adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik, yakni melodi, irama, harmoni, dan struktur lagu serta ekspresi sebagai suatu kesatuan.
  • Menurut Boedhisantoso, musik adalah kebutuhan manusia secara universal yang tidak akan pernah berdiri sendiri lepas dari masyarakat.
  • Menurut Sylado, musik adalah wujud hidup dari kumpulan ilusi dan alunan suara yang berisi rangkaian nada berjiwa yang akan menggerakkan hati pendengarnya.
  • Menurut Soeharto, musik adalah ungkapan gagasan melalui bunyi yang unsur dasarnya berupa melodi, irama, dan harmoni dengan unsur pendukung berupa sifat dan warna bunyi.
  • Menurut David Ewen, musik adalah ilmu pengetahuan dan seni tentang kombinasi ritmik nada-nada yang meliputi melodi dan harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian olahraga , pengertian psikologi , pengertian sampah , pengertian bank syariah , pengertian gempa bumi , pengertian router , pengertian investasi , pengertian microsoft word , pengertian search engine , pengertian musik , pengertian web browser

Related Posts