Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Seni tari bukanlah sebuah istilah yang jarang kita dengar atau sulit kita cari maknanya. Seni tari menjadi salah satu kebudayaan yang harus dilestarikan hampir di setiap negara. Tak sedikit pula masyarakat yang menjadikan seni tari sebagai sarana untuk mengekspresikan perasaannya. Para seniman tari selalu mengungkapkan ide dan gagasannya melalui gerakan tari yang diciptakannya. Hal ini karena tari dianggap sebagai sarana untuk mengekspresikan gagasan, ide, atau pikiran melalui gerakan yang bisa dipertontonkan untuk orang banyak. Secara lebih detail, sudah banyak pengertian seni tari menurut para ahli yang bisa dipelajari.

                Saat ini seni tari sudah sangat berkembang dengan pesatnya. Jika dulu tari digunakan untuk mengungkapkan kebudayaan saja, namun sekarang tari bisa digunakan sebagai pertunjukan yang mengagumkan. Perkembangan itu disebut dengan sendratari, yakni perpaduan antara seni drama dan tari. Banyak pula mulai muncul keberadaan tari kontemporer yang lebih atraktif dan beragam jenisnya. Tari kontemporer saat ini lebih diminati karena gerakannya yang cenderung baru dan cerita yang ditampilkan lebih masa kini. Namun, hal itu tidak mengurangi minat dan kecintaan masyarakat pada seni tari klasik yang lebih menekankan unsur budayanya.

3

                Untuk lebih memahami definisi seni tari, berikut ini adalah beberapa pengertian seni tari menurut para ahli.

  • Menurut J. Verkuyl, seni tari adalah gerak-gerak tubuh dan anggotanya yang disusun sedemikian rupa hingga berirama.
  • Menurut Atmadibrata, seni tari bukan hanya gerak fisik yang indah berirama saja, melainkan tampilan di pentas yang dilakukan oleh sekelompok pelakun dan dinikmati oleh sekelompok penonton.
  • Menurut Walter Sarrel, seni tari adalah gerakan badan yang seimbang menurut irama tertentu dan dalam tempat tertentu.
  • Menurut Judith Lynne Hanna, seni tari adalah seni plastis dari gerakan yang secara sepintas hanya terlihat visual.
  • Menurut Ensiklopedia, seni tari adalah setiap mengoleng-olengkan tubuh dan anggotanya asal dilakukan dengan irama tertentu, bisa diiringi dengan musik dan bisa pula tidak.
  • Menurut Kealiinomonoku, seni tari adalah seni sesaat dari ekspresi yang ditunjukkan dengan bentuk serta gagasan tertentu melalui tubuh yang bergerak dalam ruang.
  • Menurut Atik Sopandi, seni tari adalah ekspresi jiwa manusia melalui gerakan ritmis atau ide tertentu.
  • Menurut Yulianti Parami, seni tari adalah gerak ritmis sebagian atau seluruh tubuh yang terdiri atas [ola individu atau kelompok disertai dengan ekspresi.
  • Menurut C. Sachs, seni tari adalah pengucapan jiwa melalui gerakan berirama yang indah.

                Berdasarkan pengertian seni tari menurut para ahli di atas, dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa seni tari dimaknai sebagai seni gerakan tubuh yang dilakukan secara berirama mengikuti musik tertentu, gerakan-gerakan yang dilakukan merupakan ekspresi dari gagasan penciptanya. Seni tari biasa dipertontonkan di sebuah panggung terbuka dengan penonton yang banyak. Kemahiran seorang penari untuk bisa menyampaikan ide penciptanya melalui gerakan sangat diperlukan. Penonton harus bisa menangkap cerita dan pesan yang disampaikan melalui gerakan gemulai yang ditampilkan. Seorang penari juga harus bisa berkomunikasi dengan penonton, dalam artian bisa menunjukkan ekspresi wajah yang seolah-olah berbicara kepada penonton.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian web browser , pengertian penelitian , pengertian implementasi , pengertian seni tari , pengertian domain , pengertian tanah , pengertian e-commerce , pengertian web , pengertian air , pengertian amdal , pengertian tanah longsor

Related Posts