Pengertian Bios Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Dunia komputer memang tak pernah habis untuk dikupas. Selalu ada saja hal-hal yang bisa kita pelajari, mulai dari komponen yang ada di dalamnya, sistem operasinya, hingga komponen tambahan yang pastinya menarik. Hal itu karena komputer terus berkembang mengikuti zaman dan era yang semakin hari semakin canggih. Salah satu istilah komputer yang bisa dipelajari lebih lanjut adalah bios. Pernahkah Anda mendengar istilah tersebut? Bagaimana dengan pengertian bios menurut para ahli? Bios adalah kependekan dari Basic Input Output System. Bila didefinisikan bios merupakan firmware (gabungan software dan hardware) yang membuat komputer itu bisa dioperasikan. Sumber lain menyebutkan bahwa bios adalah sebuah perangkat lunak yang memiliki tugas untuk melakukan kerja secara manual pada saat memasuki sistem operas.

                Bios juga bisa dikenal dengan nama-nama yang berbeda, yakni boot monitor, boot loader, atao boot ROM. Bios terpasang menempel pada papan motherboard. Tampilan bios akan terlihat di komputer saat Anda pertama kali menyalakannya, sebelum tampilan windows keluar di komputer Anda. Fungsi bios adalah mengendalikan dan mengenali perangkat-perangkat keras atau hardware pada komputer, seperti hardisk, prosessor, drive optik, dan lain-lain melalui keyboard. Selain itu, bios juga berfungsi untuk menyiapkan mesin sehingga software lain yang disimpan di media dapat diproses, dieksekusi, dan dikendalikan oleh komputer.

2

                Selain kedua fungsi di atas, bios juga memiliki fungsi lain yang diungkapkan dalam ilmu informatika, juga termasuk pengertian bios menurut para ahli. Pertama, mampu menjalankan perintah dengan istilah Power on Self Test. Perintah ini digunakan untuk mencoba komputer yang telah diinstal untuk dicek apakah semua software yang telah terpasang bisa digunakan dengan baik. Kedua, mengatur konfigurasi proses dasar sebelum memasuki sistem operasi. Fungsi ini bisa dimanfaatkan saat pertama menginstal software Windows di komputer, bioslah yang mengatur keberadaan perangkat lain sesuai dengan fungsinya masing-masing. Ketiga, membantu kemunculan sistem operasi, baik berupa Windows, Linux Ubuntu, dan sistem operasi lainnya. Keempat, membantu dalam pengaturan hardware.

                Bios memiliki komponen yang mampu mengonfigurasi semua jenis hardware yang terinstal pada komputer. Bios juga mampu mengatur lalu lintas arus yang akan disuplai ke hardware melalui Power Supply. Hal ini akan membuat komputer berproses dengan lebih aman dan terkendali. Bios memiliki klasifikasi bernama ROM bios yang berukuran sangat kecil. Fungsi ROM bios ini adalah mempercepat loading sebelum sistem operasi ditampilkan. Namun, ROM bios hanya mampu membaca software bios saja karena memang memori yang dimiliki terbatas.

                Seiring dengan perkembangan zaman, keberadaan bios juga ikut berkembang. Saat ini bios udah bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Pengguna sudah bisa meng-up grade bios ke versi yang lebih tinggi untuk mendukung kebutuhan hardware yang ada. Namun, perlu diingat bahwa up grade yang terlalu tinggi bisa menyebabkan bios error. Saran yang bisa dilakukan adalah mempunyai bios cadangan, sehingga bila terjadi kerusakan bios cadangan mampu mem-back up kerja sistem operasinya. Keberadaan bios memang tidak banyak diketahui orang, tetapi fungsi dan manfaatnya untuk komputer sangatlah penting. Semoga bahasan mengenai pengertian bios menurut para ahli ini bisa bermanfaat.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian tanah longsor , pengertian browsing , pengertian bios , pengertian syariah , pengertian pemanasan global , pengertian makalah , pengertian topologi jaringan , pengertian facebook , pengertian download , pengertian industri , pengertian kebutuhan

Related Posts