Pengertian Topologi Jaringan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Istilah jaringan mungkin sudah sangat familiar di telinga kita. Apalagi, saat ini kita tahu bahwa dunia internet menguasai segala macam sistem informasi dan kecanggihan teknologi. Namun, pernahkah Anda mendengar istilah topologi jaringan? Karena melekat pada kata jaringan, tentunya istilah ini memang berbicara mengenai dunia internet. Pengertian topologi jaringan menurut para ahli juga akan berbicara tak jauh dari pembahasan mengenai internet dan jaringannya. Pembahasan mengenai topik ini sangat diminati karena internet memang sedang digandrungi oleh semua kalangan. Jaringan internet memang tidak pernah ada habisnya untuk dikupas.

                Pengertian topologi jaringan menurut para ahli dimulai dari definisi-definisi berikut. Definisi topologi jaringan adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan lainnya sehingga membentuk sebuah jaringan. Sumber lain menyebutkan bahwa topologi jaringan adalah suatu pola hubungan yang terbentuk antara terminal dalam jaringan komputer. Seorang ahli mendefinisikannya dengan berbeda. Menurut Green, topologi jaringan adalah sebuah pola interkoneksi dari beberapa terminal komputer, selain itu ropologi jaringan juga merupakan representasi geometri dari hubungan antar perangkat satu dengan perangkat yang lainnya. Topologi jaringan yang dipilih bisa memengaruhi kecepatan komunikasi yang terhubung antarkoneksi tersebut. Oleh karena itu, sangat perlu dicermati bahwa kelebihan dan kekurangan terdapat dalam setiap jenis topologi jaringan tersebut. Macam-macam topologi jaringan yang banyak digunakan oleh pengguna adalah topologi bus, topologi star, topologi ring, topologi tree, dan topologi mesh. Kelima topologi tersebut memiliki karakteristik berbeda-beda.

6

                Selain pengertian topologi jaringan menurut para ahli, berikut ini adalah uraian mengenai jenis-jenis topologi jaringan.

  • Topologi jaringan bus adalah sebuah topolgi yang semua perangkat kerasnya terhubung melalui kabel tunggal yang kedua ujungnya tidak tertutup sehingga masing-masing ujungnya menggunakan sebuah perangkat terminator. Alamat perangkat harus sesuai dengan informasi yang dikirim, bila alamat salah maka informasi akan diabaikan.
  • Topologi jaringan star, terdapat perangkat pengendali yang berfungsi sebagai pengatur dan pengendali komunikasi data. Topologi ini sangat mudah untuk dikembangkan karena node terhubung langsung dengan HUB. Keuntungannya adalah jika salah satu node rusak, jaringan yang lain tidak akan terganggu.
  • Topologi jaringan ring adalah topologi yang setiap perangkatnya dihubungkan sehingga membentuk sebuah lingkaran. Node dalam topologi ini dihubungkan secara serial dan sangat sederhana. Paket datanya mengalir searah sehingga bila salah satu node rusak maka seluruh jaringan akan mengalami kerusakan juga.
  • Topologi jaringan tree, sebuah generalisasi dari topologi jaringan bus, media transmisinya berupa kabel yang bercabang tanpa loop tertutup. Topologi jaringan ini selalu dimulai pada titik yang disebut headend. Dalam topologi ini manajemennya terpusat dan mudah untuk dikembangkan.
  • Topologi jaringan mesh, gabungan dari topologi jaringan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya digunakan dalam jaringan yang tidak terlalu banyak memiliki node karena setiap perangkat harus terhubung dengan perangkat yang lain. Kerugian topologi jenis ini adalah jika jumlah perangkat terlalu banyak yang terhubung, sangat sulit mengendalikannya. Jadi, lebih baik menggunakan sedikit perangkat dengan konsekuensi yang minim pula.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian tanah longsor , pengertian browsing , pengertian bios , pengertian syariah , pengertian pemanasan global , pengertian makalah , pengertian topologi jaringan , pengertian facebook , pengertian download , pengertian industri , pengertian kebutuhan

Related Posts