Pengertian Download Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Mengakses dunia internet tanpa melakukan aktivitas download memang tidak lengkap rasanya. Download sudah menjadi salah satu hal penting yang banyak dilakukan oleh pengguna internet. Beragam kemudahan memang diberikan untuk para peselancar dunia maya untuk mendapatkan informasi atau segala hal yang mereka cari, salah satnya dengan cara download ini. Sebenarnya apa pengertian download? Pengertian download menurut para ahli mungkin bisa lebih memperjelas keingintahuan. Emperdalam pengetahuan mengenai download memang diperlukan, mengingat internet menjadi salah satu sumber utama informasi, belajar, ilmu, seni, entertainmen, dan masih banyak lagi. Saat ini seseorang lebih suka mencari apapun yang mereka perlukan di internet. Meskipun itu bukan berarti buku dan bahan ilmu yang lainnya tidak lagi digunakan.

                Download adalah sebuah proses mengambil file yang terdapat di internet. Proses pengambilan ini bisa dilakukan melalui web server, FTP server, mail server, server ataupun sistem operasi lainnya yang identik. Pengertian lain menyebutkan bahwa download adalah sebuah proses transmisi file dari sistem operasi komputer ke sistem operasi komputer lainnya. User atau pengguna yang melakukan aktivitas download bisa juga disebut sebagai proses meminta sebuah file dari komputer lainnya. Dalam pelaksanaan proses download ini user bisa menggunakan beberapa software  yang bisa mempercepat prosesnya. Ada banyak sekali software yang bisa digunakan, misalnya internet download manager, U-torrent, orbit downloader, dan lain sebagainya.

8

                Selain beberapa pengertian di atas, istilah download juga coba didefinisikan oleh para pakar. Berikut ini adalah pengertian download menurut para ahli.

  • Menurut Dominikus Juju, download adalah proses mengambil file, baik software, ebook, atau video dari server atau web untuk disimpan pada komputer pengguna.
  • Menurut Yuhefizar, download adalah sebuah cara atau upaya menyediakan file-file yang dapat didownload oleh user atau member dari sebuah situs.
  • Menurut Onno W. Purbo, download adalah trafik atau byte yang ditansfer dari internet ke jaringan LAN di rumah melalui router ADSL.
  • Menurut Tyas Vanneza, download adalah proses transfer data dari internet ke komputer atau media lokal lain, baik melalui web server, FTP server, mail server, atau sistem lainnya.

                Kebalikan dari download adalah upload. Istilah ini sangat erat kaitannya dengan istilah download. Apa itu upload? Bagaimana mungkin bisa berhubungan dengan download? Upload adalah proses transmisi, sama dengan upload, hanya saja file dari sebuah komputer dikirim ke komputer yang lainnya. Dengan kata lain arah upload berkebalikan dengan download. Jika download disebut juga dengan mengunduh, maka upload disebut juga dengan unggah. Kedua hal ini sangat erat kaitannya karena bila tidak ada proses upload, tak akan ada file yang bisa didownload.

                Demikianlah ulasan mengenai pengertian download menurut para ahli. Proses download yang saat ini telah menjadi aktivitas wajib saat berinternet memang patut untuk dipelajari. Anda bisa mempelajari cara mendownload sesuai dengan software downloader yang Anda pakai. Apapun downloader yang dipakai pastilah memiliki keuntungan dan kerugian sendiri-sendiri. Pastikan Anda memilih downloader yang tepat agar file yang Anda inginkan bisa diunduh dengan sempurna.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian tanah longsor , pengertian browsing , pengertian bios , pengertian syariah , pengertian pemanasan global , pengertian makalah , pengertian topologi jaringan , pengertian facebook , pengertian download , pengertian industri , pengertian kebutuhan

Related Posts