Pengertian Mysql Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Mysql bukanlah sebuah istilah yang awam dan dimengerti oleh semua orang. Bagi Anda yang sudah terbiasa berkutat dengan dunia internet, khususnya blog dan website, mungkin sudah sering mendengarnya. Namun, tak semua orang yang pernah mendengar istilah ini sekaligus juga memahaminya secara pengertian dan konsep. Apa sebenarnya Mysql itu? Pengertian Mysql menurut para ahli juga turut menjadi referensi yang bisa dipelajari untuk memantapkan pemahaman. Mempelajari segala sesuatu memang harus dimulai dari definisinya terlebih dahulu agar bisa menjawab saat ditanya atau dimintai pendapat oleh orang lain. Karena kebanyakan orang bisa mempergunakan segala hal yang berhubungan dengan komputer, tetapi selalu kebingungan menjawab saat ditanya mengenai pengertiannya.

                Mysql adalah singkatan dari My sequel yang bisa didefinisikan sebuah software atau perangkat lunak dengan sistem manajemen basis data SQL atau DBMS yang multithread dan multi-user dengan jumlah instalasi sekitar 6 juta di seluruh dunia. Sederhananya Mysql merupakan sebuah perangkat lunak pada Relational Database Management System (RDBMS) di dalam sebuah manajemen database sebagai basis datanya. Sudah sejak lama Mysql dimanfaatkan sebagai software pengolahan data dengan menggunakan bahasa SQL sebagai salah satu konsep pengoperasian basis data (database). Mysql dimiliki dan disponsori oleh MySQL AB, sebuah perusahaan komersial Swedia, yang memegang hak cipta atas semua kode sumbernya. Hal ini jelas berbeda dengan perangkat lunak lainnya yang dikembangkan oleh organisasi atau komunitas umum dan kode sumbernya dimiliki oleh para penulisnya.

1

                Mysql didirikan oleh para ahli teknologi dari Swedia, yakni David Azmark, Allan Larsson, dan seorang lagi berasal dari Finlandia, yakni Michael “Monty” Widenus. Dari pengertian Mysql menurut para ahli bisa diketahu bahwa kehadiran software ini di dunia teknologi komputer telah mengubah dan memengaruhi segala hal yang berhubungan dengan dunia blogging dan website. Sebagai suatu sistem, Mysql dianggap sebagai terobosan yang sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebuah sistem yang tepat guna seharusnya bisa memberikan dampak yang positif bagi individu, kelompok, atau perusahaan yang ingin mencapai sasaran dan tujuan tertentu. Bila sistem yang dibuat tidak bisa memberikan keuntungan untuk penggunanya, sistem tersebut bisa dianggap tidak berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

                Adapun keunggulan yang bisa diberikan oleh Mysql adalah sebagai berikut.

  • Bersifat open source atau sumber terbuka karena dapat disebarkan secara gratis.
  • Memiliki banyak pengguna dan dapat dipakai oleh banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan.
  • Bisa dioperasikan dengan stabil untuk berbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux, Mac Os Server, Solaris, dan sebagainya.
  • Mendukung berbagai jenis dan variasi tipe data.
  • Mempunyai lapisan keamanan berbentuk password yang telah terjamin.
  • Menangani basis data dengan kapasitas yang besar.
  • Koneksi yang dilakukan dengan klien menggunakan protokol TCP/IP, UNIX, atau NT (named pipes).
  • Memiliki interface terhadap berbagai macam aplikasi dan bahasa pemrogaman dengan memanfaatkan fungsi API (Application Programming Interface).

                Pengertian Mysql menurut para ahli ternyata mengandung banyak hal yang bisa dipelajari, diantaranya makna, sejarah pembuatannya, dan juga keunggulan dari Mysql. Sebagai salah satu perangkat lunak, Mysql memang menjadi candu tersendiri bagi penggunanya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian corel draw , pengertian mysql , pengertian hipertensi , pengertian power point , pengertian basis data , pengertian kas , pengertian mouse , pengertian ftp , pengertian prestasi belajar , pengertian imunisasi , pengertian struktur organisasi

Related Posts