Pengertian Metode Ilmiah Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Metode ilmiah biasa digunakan dalam melakukan penelitian atau pengamatan ilmiah. Istilah ini dibentuk dari gabungan kata metode dan ilmiah. Metode adalah cara atau prosedur, sedangkan ilmiah adalah hal-hal yang bersifat teoritis dan sistematis. Jadi, secara istilah metode ilmiah bisa dimaknai dengan secuah cara atau prosedur yang dilakukan untuk mengetahui sesuai secara terstruktur, teroritis, dan sistematis. Pengertian demikian masih mencakup hal yang sangat luas dan berbagai bidang. Lalu, bagaimana dengan pengertian metode ilmiah menurut para ahli? Pentingnya peranan metode ilmiah dalam berbagai macam penelitian membuat banyak ahli mengkaji mengenai istilah yang satu ini. Berbagai pendekatan dan bidang digunakan untuk mendapatkan definisi yang menurut mereka tepat.

                Dalam bahasa Inggris, metode ilmiah disebut dengan scientific method yang bermakna sebuah proses bersifat keilmuan untuk mendapatkan pengetahuan secara sistematis yang berdasar pada bukti nyata, proses ini biasanya dilakukan oleh para ilmuwan untuk memecahkan suatu masalah. Dalam hal ini, ilmuwan melakukan suatu pengamatan atau penelitian hingga mampu menarik hipoteses atas masalah tertentu. Hipotesis yang didapat harus diuji agar mendapatkan data hasil yang valid, lalu nantinya bisa ditarik kesimpulan. Kesimpulan itulah yang bisa dipakai sebagai teori ilmiah dalam bidang ilmu pengetahuan tertentu.

1

                Pengertian metode ilmiah menurut para ahli dipaparkan oleh Almack dan Ostle. Menurut Almack, metode ilmiah adalah suatu cara untuk menerapkan prinsip-prinsip lagis terhadap penemuan, pengesahan, dan penjelasan terhadap suatu kebenaran. Sedangkan menurut Ostle, metode ilmiah adalah proses pengejaran pada sesuatu dengan tujuan untuk mendapatkan sesuatu interelasi. Kedua pengertian menurut ahli di atas merujuk pada satu hal bahwa metode ilmiah merupakan prosedur atau tata cara yang memang sering digunakan oleh para ilmuwan untuk mengkaji suatu ilmu di bidangnya dengan cara yang sistematis demi mendapatkan suatu kebenaran.

                Dalam metode ilmiah akan ditemukan langkah-langkah ilmiah yang rasional untuk mendapatkan suatu ilmu. Ilmu tersebut harus melewati serangkaian langkah-langkah agar bisa dinyatakan sebagai teori ilmiah baru yang bisa dipakai oleh masyarakat luas. Langkah-langkah dalam metode ilmiah yang dimaksud adalah merumuskan masalah, menyusun kerangka teori, merumuskan tujuan dan hipotesis, memilih alat pengumpul data, mengumpulkan data, mengolah dan menganalisis data, dan menarik kesimpulan. Ketujuh prosedu di atas harus dilakukan secara urut dan sistematis. Pada tahap akhir, penarikan kesimpulan, akan didapatkan sebuah ilmu baru yang telah melewati berbagai uji hipotesis dan analisis data sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

                Berdasarkan pengertian metode ilmiah menurut para ahli, suatu prosedur atau cara dikatakan sebagai metode ilmiah bila memenuhi beberapa karakteristik atau ciri khusus. Karakteristik-karakteristik yang dimaksud adalah:

  • Bersifat kritis dan analistis, artinya metode yang digunakan menunjukkan adanya sebuah proses yang tepat untuk mengidentifikasi masalah dan  menentukan metode untuk pemecahan masalah.
  • Bersifat logis, artinya dapat memberikan argumentasi ilmiah, kesimpulan yang rasional berdasar pada bukti-bukti yang ada.
  • Bersifat objektif, artinya dapat dicontoh oleh ilmuwan lain dalam bidang dan kondisi yang sama.
  • Bersifat konseptual, artinya proses penelitian dilakukan dengan mengembangkan konsep dan teori dengan tujuan agar hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.
  • Bersifat empiris, artinya metode yang dipakai didasarkan pada fakta di lapangan.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian struktur organisasi , pengertian metode ilmiah , pengertian hukum internasional , pengertian audit , pengertian menulis , pengertian marketing mix , pengertian abstrak , pengertian motherboard , pengertian penjualan , pengertian mahasiswa

Related Posts