Pengertian Windows Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Microsoft Windows atau yang biasa dikenal dengan Windows sudah menjadi salah satu aplikasi yang telah diketahui oleh banyak pengguna komputer. Sistem operasi terpopuler dengan pengguna terbanyak ini sudah tak perlu diragukan lagi eksistensinya di jagat perkomputerisasi. Tak hanya penggunaannya yang terus meningkat, berbagai pembaruan dan perkembangannya juga tidak bisa dianggap remeh karena terus meningkat dari waktu ke waktu. Hal tersebut juga turut memengaruhi pengertian Windows menurut para ahli yang semakin waktu semakin banyak karena banyak para pakar yang tertarik untuk mengkaji dan mempelajarinya. Kita sebagai pengguna juga perlu mempelajarinya agar bisa dengan cermat menggunakannya.

Windows merupakan salah satu sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft menggunakan antarmuka pengguna grafis. Sistem operasi ini merupakan evolusi dari MS DOS yang berbasis teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0, pertama kali diperkenalkan tahun 1983 dan dipasarkan 2 tahun kemudia yakni 1985. Sistem operasi ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan berupa gambar. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, versi-versi terbaru dari Windows mulai mandiri dan tak lagi bergantung pada sistem operasi MS DOS. Windows bisa  berkembang dan bisa menguasau penggunaan sistem operasi hinga 90%.

8

Windows memiliki kelebihan-kelebihan yang membuatnya disukai oleh banyak pengguna komputer. Pengertian windows menurut para ahli pun mengungkapkan hal yang sama bahwa ketertarikan pengguna pada OS Windows karena berbagai macam keuntungan yang bisa didapatkan. Kelebihan-kelebihan yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • Penggunaan yang mudah bila dibandingkan dengan OS lain.
  • Instalasi software pun lebih mudah.
  • Banyak software berbasis Windows yang keluar di pasaran.
  • Dukungan driver juga lebih banyak.
  • Karena banyak pengguna memakai OS Windows, banyak perusahaan yang membuat aplikas-aplikasi yang menggunakan dasar Windows dan hanya bisa diinstal di Windows.
  • Siapa saja bisa membuat software yang bisa dijalankan di Windows karena sistemnya sudah di-share.
  • Memiliki perkembangan versi dan kecanggihan yang lebih cepat dibandingkan OS lainnya.
  • Tersedia banyak GPL dan Freeware gratis untuk Windows.
  • Jika terjadi masalah, mudah dalam penanganannya karena tidak sulit untuk mencari orang yang ahli dalam mengoperasikannya.

Selain kelebihan, Windows tentunya juga memiliki kekurangan karena tak ada sesuatu yang sempurna, bahkan untuk teknologi secanggih apapun. Berikut ini adalah kekurangan-kekurangan dari OS Windows.

  • Windows memiliki harga license yang cukup mahal.
  • Banyak virus yang sering menyerang OS ini karena banyak yang telah memahami bahasa pemrogramannya sehingga banyak pula yang menciptakan virus untuk Windows.
  • Sistem keamanan masih kurang.
  • Sering trouble karena sudah terlalu banyak orang yang pandai dalam mengoperasikannya dan mengutak-atiknya.
  • Banyaknya versi membuat pengguna seering merasa kebingungan dan akhirnya harus terbentur masalah harga.
  • Tidak tahan lama, dalam artian Anda harus terus mengganti sistem Windows pada komputer Anda secara berkala agar tidak terjadi pengrusakan di dalamnya.

Demikian ulasan mengenai pengertian Windows menurut para ahli. Semoga informasi yang disampaikan bisa bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan dalam memilih sistem operasi apa yang akan dipakai di komputer Anda. Perhatikan setiap komponen dan konsepnya agar Anda tidak merasa rugi salam mengoperasikannya. Yang tak kalah penting pahami segala baik buruknya sebuah sistem operasi.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian daftar pustaka , pengertian animasi , pengertian switch , pengertian kreatif , pengertian harga , pengertian hosting , pengertian reksadana , pengertian processor , pengertian windows , pengertian jasa

Related Posts