Pengertian Perkembangan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Setiap makhlukh hidup atau organisme di dunia ini mengalami sebuah siklus rutin yang disebut dengan perkembangan. Proses tumbuh kembang yang dimaksud bisa berupa perkembangan secara fisik yang bersifat konkret maupun perkembangan psikis yang bersifat abstrak. Perkembangan terkadang disamakan dengan pertumbuhan, padahal keduanya memiliki perbedaan mendasar. Pengertian perkembangan menurut para ahli juga tidak sama dengan pertumbuhan karena para pakar telah melakukan penelitian lebih lanjut dan menemukan perbedaan di antara keduanya. Perkembangan makhluk hidup tak pernah berhenti dan selalu memberikan hal-hal baru untuk terus dipahami.

Secara umum, perkembangan diartikan sebagai suatu proses yang dialami oleh setiap individu yang bersifat kualitatif dan berhubungan dengan kematangan seseorang bila ditinjau dari perubahan progresif dan sistematis dalam dirinya. Bedanya dengan pertumbuhan adalah proses perubahan makhluk hidup secara jasmani yang terjadi sampai ia mencapai kematangan fisik yang bersifat kuantitatif, dan proses tersebut terjadi berbeda-beda pada setiap makhluk hidup. Perkembangan dan pertumbuhan memang dua hal yang berbeda meski masih saling berkaitan. Ada ahli yang berpendapat bahwa perkembangan berhubungan dengan psikis makhluk hidup, sedangkan pertumbuhan berhubungan dengan fisiknya.

5

Untuk lebih menekankan dan memahami pengertian mengenai perkembangan di atas, berikut ini ada beberapa pengertian perkembangan menurut para ahli.

  • Menurut E. B. Harlock, perkembangan adalah serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman dan terdiri atas serangkaian perubahan yang bersifat kualitatif dan kuantitatif.
  • Menurut Akhmad Sudrajat, perkembangan adalah perubahan yang sistematis, progresif dan berkesinambungan dalam diri individu sejak lahir hingga akhir hayat termasuk dengan perubahan-perubahan yang dialami individu menuju tingkat kedewasaan atau kematangannya.
  • Menurut McLeod, perkembangan adalah proses atau tahapan pertumbuhan ke arah yang lebih maju.
  • Menurut Santrok Yussen, perkembangan adalah pola perkembangan individu yang berawal pada konsepsi dan terus berlanjut sepanjang hayat dan bersifat involusi.
  • Menurut Dr. Siti Aminah Soepalarto, perkembangan adalah suatu proses yang berlangsung sejak lahir dan sesudahnya, dimana badan, otak, kemampuan, dan tingkah lakunya pada usia dini, anak-anak, dan dewasa menjadi lebih kompleks dan berlanjut dengan kematangan sepanjang hidup.
  • Menurut Dictionary of Psychology dan The Penguin Dictionary of Psychology, perkembangan adalah tahapan-tahapan perubahan yang progresif dan terjadi dalam rentang kehidupan manusia dan organisme lain tanpa membedakan aspek-aspek yang terdapat dalam diri organisme-organisme tersebut.
  • Menurut Kasiram, perkembangan adalah adanya pemunculan sifat-sifat yang baru dan berbeda dari sebelumnya.

Berdasarkan pengertian perkembangan menurut para ahli di atas, bisa diketahui bahwa perkembangan adalah perubahan kualitatif pada mutu fungsi organ-organ jasmani sehingga perkembangan berhubungan dengan penyempurnaan fungsi psikologis yang disandang oleh organ-organ fisik. Perkembangan akan terus berlanjut seterusnya bahkan hingga manusia mengakhiri hayatnya, sedangkan pertumbuhan hanya sampai manusia telah mencapai kematangan fisiknya saja. Perkembangan memiliki pengertian yang lebih bersifat berubah secara berkala dan terus-menerus. Perkembangan juga bisa merubah individu ke arah yang lebih baik dan menjadi individu yang lebih sempurna dari waktu ke waktu.

Related Posts