Pengertian Enzim Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Berbicara mengenai enzim langsung merujuk pada ilmu Biologi dan anatomi. Pengertian enzim menurut para ahli pun juga akan mengungkapkan hal yang sama meski ada sedikit perbedaan dalam penyampaiannya. Enzim merupakan sejenis protein yang mampu mempercepat reaksi metabolisme di dalam tubuh organisme. Enzim adalah bimolekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis, yakni senyawa untuk mempercepat proses reaksi tanpa habis beraksi dalam suatu reaksi kimia organik. Zat ini berproses di dalam tubuh dan membentuk rangkaian senyawa yang memiliki kadar reaksi yang sesuai. Tubuh akan bereaksi dengan cepat sehingga hormon dalam tubuh pun akan bekerja dengan cepat pula. Telah banyak ahli yang meneliti mengenai enzim beserta cara kerjanya di dalam tubuh.6

Enzim memiliki berbagai macam fungsi biologis dalam tubuh organisme karena semua proses biologis dalam sel membutuhkan enzim agra dapat berlangsung dengan cepat di dalam sistem metabolisme tubuh. Enzim dapat mempercepat reaksi di dalam tubuh dengan cara menurunkan energi aktivasi yang diperlukan untuk berlangsungnya reaksi tersebut. Bila tubuh tak memiliki enzim, reaksi metabolisme akan berlangsung sangat lama dan tidak maksimal. Enzim memiliki beragam fungsi dalam tubuh. Pertama, menghasilkan pergerakan tubuh dengan myosin menghidrolis ATP untuk menghasilkan kontraksi otot.kedua, enzim juga terlibat dalam fungsi-fungsi khas, misalnya lusiferase yang menghasilkan cahaya pada hewan kunang-kunang. Ketiga, berfungsi pada sistem pencernaan hewan. Keempat, berfungsi untuk memecah molekul yang besar menjadi molekul yang kecil sehingga dapat diserap oleh usus. Kelima, enzim mampu menentukan langkah-langkah yang terjadi di dalam lintasan metabolisme di dalam tubuh.

Pengertian enzim menurut para ahli – Enzim pada dasarnya berasal dari protein globular dengan ukuran sekitar 62 asam amino pada monomer. Enzim ditugaskan untuk melakukan proses pencernaan dalam tubuh saat makanan masuk. Lalu berlanjut pada proses pengolahan makanan juga memakai unsur penting ini di dalam tubuh. Enzim memiliki peranan yang sangat penting mulai dari saat kita mengunyah, mengolah di dalam usus, hingga mencaharnya pun enzim telah mempunyai perannya masing-masing didalam tubuh manusia. Setiap enzim memiliki bentuk tiga dimensi yang unik karena memang terbentuk dari protein. Sebagian besar enzim yang bekerja di dalam sel disebut dengan enzim intraseluler, contohnya, katalase. Sedangkan beberapa enzim yang dikeluarkan dari dalam sel untuk melakukan fungsinya disebut dengan enzim ekstraseluler, contohnya amilase.

Aktivitas enzim di dalam tubuh dipengaruhi oleh banyak faktor. Hal tersebut juga diuraikan dalam pengertian enzim menurut para ahli. Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut.

  • Suhu

Semakin tinggi suhu, maka akan semakin cepat reaksi kimia yang dihasilkan. Namun, enzim bisa mengalami denaturasi (perubahan susunan molekul hingga menyebabkan enzim tidak aktif) bila suhunya terlalu tinggi.

  • pH

Tiap enzim memerlukan jenis pH yang berbeda, ada yang memerlukan pH tinggi dan ada pula yang memerlukan pH rendah.

  • Kadar air

Kadar air yang terlalu rendah bisa menyebabkan enzim tidak aktif.

  • Konsentrasi enzim

Semakin bertambah konsentrasi sebuah enzim, maka akan semakin cepat reaksi kimianya. Bila substrat zat yang diubah sudah seimbang, kecepatan reaksi kimianya akan relatif konstan.

  • Jumlah substrat

Bila jumlah substrat dan enzim seimbang, kecepatan reaksi kimianya akan relatif konstan.

  • Inhibitor

Inhibitor merupakan suatu zat yang dapat menghambat kerja enzim di dalam tubuh.

Related Posts