Pengertian Perbankan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Dunia perbankan kini menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kebutuhan manusia sehari-hari. Jika dulu bank hanya dikenal sebagai tempat menabung atau mencari uang, kini telah berkembang menjadi lembaga untuk meminja uang dan investasi. Perbankan memiliki peranan yang cukup penting bagi mereka yang menekuni dunia bisnis dan perekonomian. Kepopuleran perbankan membuat tak sedikit para pakar ekonomi meneliti teori-teori yang berhubungan dengannya, termasuk dengan pengertian perbankan menurut para ahli. Keberadaan bank terus menjadi bahan kajian bukan hanya karena menarik, tetapi juga karena bank akan terus berkembang dari waktu ke waktu mengikuti tren pasar ekonomi global.

Istilah perbankan terbentuk dari kata dasar bank yang berasal dari bahasa Italia banco bermakna bangku atau meja. Pengertian meja dalam hal ini karena pada zaman dulu transaksi penukaran uang pertama kali dilakukan di atas sebuah me7ja, dari kegiatan tersebut lalu timbullah istilah banco. Selanjutnya semakin berkembang bank tak hanya digunakan sebagai tempat penukaran uang semata, bank difungsikan para pencinta emas dengan menyediakan jasa menyimpan uang emas dan perak untuk menghindari tindakan pencurian. Setelah itu bank terus berkembang menjadi tempat menabung, investasi, deposito, peminjaman, dan lain sebagainya. bank diartikan sebagai sebuah lembaga keuangan umum yang didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan, pinjaman, dan menerbitkan uang.

Pengertian perbankan menurut para ahli – selain pengertian di atas, masih ada pengertian bank yang disampaikan oleh para pakar di bidang ekonomi dan keuangan. Berikut ini adalah penjabarannya secara lengkap.

  • Menurut Permadi Gandapraja, perbankan adalah tatanan dari berbagai jenis dan fungsi perbankan yang harus bergerak secara harmonis dan sinergis untuk menuju sasaran yang ditetapkan.
  • Menurut Abdullah Siddik, perbankan adalah sarana pembantu vital bagi perdagangan internasional dan pembangunan nasional dengan cara menghimpun dan menjalankan dana melaui jasa-jasa.
  • Menurut Thomas Suyatno, perbankan adalah segala sesuatu yang berkenaan dengan bank, kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya.
  • Menurut Ubaidilah Nugraha, perbankan adalah dasar dari seluruh kegiatan wealth management di dunia keuangan modern.
  • Menurut Gunarto Suhadi, perbankan adalah kegiatan usaha yang selalu melayani dan berkaitan dengan kegiatan ekonomi nyata di masyarakat.
  • Menurut Lovett, perbankan adalah salah satu leading indicator sebagai alat ukur tingkat perekonomian suatu negara dikatakan stabil atau tidak.
  • Menurut Mangasa Agustinus Sipahutar, perbankan adalah sebuah institusi intermediasi yang memiliki peran sebagai perantara aktivitas finansial.
  • Menurut Bambang Wijayanta & Aristanti Widyaningsih, perbankan adalah produsen uang sekunder bagi masyarakat.

Dari pengertian perbankan menurut para ahli di atas, kita bisa mengetahui bahwa perbankan merupakan sebuah lembaga yang bergerak di bidang keuangan yang ada di masyarakat. Ada beberapa jenis bank menurut Undang-undang Nomor 10 tahun 1985, yakni bank umum, BPR (Bank Perkreditan Rakyat), bank sentral, dan bank syariah. Bank umum adalah usaha perbankan yang bersifat umum, kepemilikan modal bisa milik negara, milik swasta, atau milik koperasi. BPR adalah bank yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan tabungan, deposito berjangka, dan produk lain sejenis. Bank sentral adalah perbankan yang menerbitkan uang kertas dan logam sebagai alat pembayaran. Bank syariah adalah perbankan yang beroperasi sesuai kaidah syariah Islam dengan menerapkan sistem bagi hasil.

Related Posts