Pengertian DHCP Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Bagi Anda yang sudah terbiasa berkecimpung dalam dunia teknologi komputer dan jaringan, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah DHCP. Namun, istilah ini memang tidak dengan begitu saja dimengerti oleh semua orang karena memang hanya dipelajari oleh orang-orang yang sangat tertarik dengan dunia jaringan internet. Apa sebenarnya DHCP itu? Mungkin pengertian DHCP menurut para ahli adalah bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan lebih rinci dan detail. Saat ini, pembelajaran mengenai teknologi dan jaringan komputer memang telah menyebar luas sehingga tidak sulit untuk mencari bahan materi untuk dipelajari.

DHCP merupakan akronim dari Dynamic Host Configuration Protocol, yakni suatu layanan yang secara otomatis memberikan normor IP kepada komputer yang memintanya. Komputer yang memberikan nomor IP tersebut disebut dengan DHCP server, sedangkan komputer yang meminta disebut dengan DHCP client. Pengertian lain menyebutkan bahwa DHCP adalah suatu protokol berbasis arsitektur server yang digunakan untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Bila ada suatu jaringan yang tidak memakai DHCP haruslah memberikan alamat IP pada semua komputer yang tersambung secara manual. Berbeda bila Anda memasang jaringan lokal DHCP, secara otomatis komputer lain dalam jaringan tersebut akan mendapatkan alamat IP.

10

Pengertian DHCP menurut para ahli menyebutkan bahwa DHCP memiliki banyak fungsi bagi penggunanya. Fungsi-fungsi dari DHCP yang dimaksud tersebut adalah sebagai berikut.

  • Mendistribusikan IP address atau alamat IP secara otomatis ke setiap pengguna yang terhubung dengan jaringan komputer.
  • DHCP Dapat memberikan suatu kemudahan dalam proses komunikasi data antar komputer/pc.
  • DHCP server bisa memberikan IP address secara statis kepada pengguna yang terhubung kepada jaringan komputer.
  • Memberikan kemudahan pada network administrator dalam mengelola jaringan komputer karena alokasi IP dapat ditentukan secara otomatis.

Di atas telah dikemukakan bahwa ada dua jenis DHCP sesuai dengan penggunanya, yakni DHCP server dan DHCP client. DHCP server adalah suatu mesin yang menjalankan layanan yang mampu menyewakan IP address dan informasi TCP/IP lain pada seluruh kliennya yang meminta. DHCP server biasanya mempunyai sekumpulan alamat yang diperbolehkan untuk didistribusikan pada kliennya. Sekumpulan alamat tersebut disebut dengan DHCP Pool. Tiap klien bisa menyewa alamat IP dari DHCP Pool ini sesuai waktu yang telah ditentukan oleh DHCP.  Bila waktu yang telah ditentukan habis masanya, maka klien akan meminta untuk diberi IP address yang baru atau memperpanjang IP address yang lama. Sedangkan DHCP client adalah suatu mesin klien yang menjalankan software atau perangkat lunak klien yang memungkinkan mereka untuk mampu berkomunikasi dengan DHCP server.

Selain fungsi yang telah disebutkan di atas, dari pengertian DHCP menurut para ahli juga bisa diketahui kelebihan dari DHCP. Kelebihan-kelebihan yang dimaksud adalah sebagai berikut. Pertama, memudahkan dalam transfer data pada PC klien lain. Kedua, menyediakan alamat-alamat IP secara dinamis. Ketiga, memungkinkan klien menggunakan IP address yang reusable. Keempat, memungkinkan klien memakau satu IP address untuk waktu yang telah ditentukan. Kelima, memberikan satu IP address dan patameter konfigurasi lainnya.

Related Posts