Pengertian Sistem Komputer Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Teknologi komputer memang tak pernah kehabisan bahan untuk diulas, dibicarakan, dan dipelajari. Selalu ada yang baru karena teknologi ini terus berkembang mengikuti zamannya. Salah satu hal yang ikut berperan dalam perkembangan ilmu komputerisasi adalah sistem komputer. Pengertian sistem komputer menurut para ahli adalah menjadi hal yang juga menarik untuk dipelajari mengingat keberadaannya banyak dicari oleh penggunanya. Komputer sendiri merupaka sebuah perangkat elektronik yang terdiri atas komponen intput, komponen pengolah input (alat pemproses), dan komponen output yang mampu menghasilkan informasin yang bekerja secara otomatis. Sedangkan sistem merupakan suatu kumpulan dari beberapa bagian yang mempunyai keterkaitan dan saling bekerja sama membentuk satu kesatuan untuk mencapai tujuan tertentu dari sistem tersebut.

Sistem komputer adalah suatu sistem yang dibangun dan dijalankan menggunakan komputer sebagai alat bantunya. Sistem komputer bisa juga diartikan sebagai suatu jaringan elektronik yang terdiri atas perangkat lunak dan perangkat keras bertugas menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi. Intin dari sistem komputer adlah tiga hal, yakni input (data), proses (pengolahan data), dan output (informasi). Proses pengolahan data menggunakan komputer dikenal dengan istilah Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan atau fakta berupa angka, huruf, simbol khusus, atau gabungan dari ketiga hal tersebut.

4

Ketiga komponen penting dari sistem komputer yang termuat dalam pengertian sistem komputer menurut para ahli di atas melakukan tugasnya masing-masing untuk menghasilkan sebuah informasi bagi penggunanya. Data yang sudah ada dimasukkan lalu diolah, pengolahan data ini merupakan suatu proses memanipulasi data ke dalam bentuk yang lebih berguna yakni informasi. Informasi inilah yang merupakan output dari sistem komputer yang bisa berbentuk data hasil. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pengolahan data elektronik yang dilakukan oleh sistem komputer merupakan proses manipulasi data ke bentuk yang lebih bermakna berupa informasi dengan menggunakan suatu alat bernama komputer.

Sesuai dengan pengertian sistem komputer menurut para ahli, sistem komputer memiliki tiga elemen yang sangat penting dan saling berhubungan, yakni software (perangkat lunak), hardware (perangkat keras), dan brainware (penggunanya). Untuk hardware sendiri bisa dibagi menjadi beberapa bagian, yakni sebagai berikut.

  1. Input device (unit masukan) berfungsi untuk memasukkan data dari luar ke suatu memori dan processor untuk diolah agar menghasilkan informasi.
  2. Process device (unit pemprosesan) berfungsi menerima input data yang akan diproses menjadi informasi kepada brainware.
  3. Output device (unit keluaran) berfungsi untuk menghasilkan informasi dari pemprosesan yang bisa berupa tulisan (huruf, angka, simbol khusus), gambar, suara, dan bentuk lainnya yang mampu dibaca oleh mesin.
  4. Backing storage (unit penyimpanan) berfungsi menyimpan data dari hasil pemprosesan oleh process device.
  5. Periferal (unit tambahan) berupa alat tambahan tertentu yang fungsinya tergantung dengan alat yang ditambahkan. Misalnya penambahan modem pada komputer berguna untuk mengoneksikan sistem komputer ke jaringan internet untuk melakukan berbagai aktivitas dunia maya.

Related Posts