Pengertian Puskesmas Menurut Para Ahli Adalah

 Pengetahuan

Puskesmas sebagai salah satu layanan kesehatan bagi masyarakat, tentunya bukan hal yangtabu lagi untuk dibahas. Semua kalangan mengenal puskesmas yang memang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Peran pengertian puskesmas menurut para ahli adalah memberikan penegasan kepada masyarakat mengenai fungsi dan manfaat dari adanya puskesmas. Sebenarnya, puskesmas memiliki peran yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat, terutama masyarakat menengah ke bawah. Meski memiliki fungsi yang sama seperti rumah sakit, puskesmas lebih dekat di hati masyarakat karena letaknya yang biasanya dekat dengan pemukiman dan harga yang terjangkau, baik perawatan maupun pengobatan.

Menurut Depkes RI 1991, puskesmas adalah suatu kesatuan organisasi fungsional yang berlaku sebagai pusat pengembangan kesehatan masyarakat. Fungsinya secara umum adalah untuk memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok. Puskesmas memiliki wilayah kerja di suatu kecamatan yang biasanya ditentukan oleh kepadatan penduduk, luas darah, keadaan geografi, dan keadaan infrastruktur lainnya. Ada berbagai pelayanan kesehatan yang diberikan oleh puskesmas, yakni pengobatan (kuratif), upaya pencegahan (preventif), peningkatan kesehatan (promotif), dan pemulihan kesehatan (rehabilitative). Seluruh pelayanan tersebut tidak dibedakan jenis kela*m*in, umur, ras, kelas sosial, dan lain sebagainya.

3

Selain fungsi yang disebutkan dalam pengertian puskesmas menurut para ahli di atas, masih ada fungsi-fungsi lainnya yang dimiliki oleh puskesmas. Fungsi-fungsi tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai puast pelayanan kesehatan tingkat pertama
  2. Berfungsi sebagai pusat pembangunan kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya.
  3. Sebagai lembaga kesehatan yang mampu menjangkau masyarakat di wilayah terkecil dalam hal pengorganisasian masyarakat.
  4. Membina peran serta masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk hidup lebih sehat.
  5. Memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu pada masyarakat di wilayah kerjanya.

Sebagai salah satu pusat kesehatan yang dipercaya dan melayani masyarakat, puskesmas memiliki beberapa program pokok yang umum dilakukan di berbagai wilayah. Program-program tersebut adalah KIA, KB, usaha kesehatan gizi, kesehatan lingkungan, pemberantasan dan pencegahan penyakit menular, pengobatan dan penanganan darurat kecelakaan, penyuluhan kesehatan masyarakat, kesehatan gigi dan mulut, kesehatan jiwa, kesehatan mata, laboratorium, pencatatan dan pelaporan dalam SIK, pembinaan pengobatan tradisional, kesehatan remaja, serta dana sehat. Satu program lagi yang dimiliki oleh puskesmas adalah rawat inap. Puskesmas rawat inap adalah puskesmas yang diberi tambahan ruangan dan fasilitas untuk menolong penderita gawat darurat, bisa berupa perawatan operatif sederhana dan rawat inap yang sifatnya sementara.

Rawat inap sendiri diartikan sebagai pelayanan kesehatan perorangan yang meliputi kegiatan observasi, diagnosa, pengobatan, keperawatan, rehabilitasi medis dengan menginap di ruang rawat tertentu yang mengharuskan penderitanya berada di ruangan tersebut hingga sembuh. Definisi puskesmas rawat inap tetap mengacu pada pengertian puskesmas menurut para ahli di atas. Penegasannya hanya pada adanya ruangan untuk menginap bagi pasien yang memang harus dirawat secara intensif dan tidak diperbolehkan pulang karena mengidap penyakit tertentu. Puskesmas rawat inap ini sudah banyak terdapat di berbagai wilayah di Indonesia.

Related Posts