Pengertian Pantai Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Pengertian pantai menurut para ahli adalah – Sebagai negara dengan wilayah perairan yang luas, tentunya masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan istilah pantai. Tempat perairan yang satu ini memiliki daya tarik dan keindahan tersendiri bagi masyarakatnya. Namun, pahamkah Anda dengan pengertian pantai itu sendiri? Apa konsep pantai selain dikenal sebagai sebuah tempat wisata? Pantai merupakan suatu wilayah perbatasan antara daratan dengan lautan. Pantai juga bisa diartikam sebagai suatu bentuk geografis yang terdiri atas pasir dan karang yang terletak di daerah pesisir laut. Sebagai sebuah tempat wisata, pantai memiliki pengertian sebagai sebuah tempat (objek wisata) di pesisir laut yang dipenuhi oleh pasir putih bersih yang indah memiliki berbagai macam pesona yang menarik.

Di pantai terdapat yang namanya batas pantai. Menurut UU No. 27 Tahun 2007, batas pantai atau sempadan adalah daratan sepanjang tepian yang lebarnya proporsional tergantung dengan bentuk dan kondisi fisik pantai, minimal berukuran 100 meter dari titik pasang tertinggi ke arah darat. Panjang garis atau batas pantai ini diukur mengelilingi seluruh pantai yang merupakan territorial suatu negara. Garis laut ini bisa berubah karena adanya abrasi, yakni pengikisan pinggiran pantai oleh hantaman gelombang laut atau ombak yang menyebabkan berkurangnya area daratan tersebut. Agar garis pantai tidak semakin menjorok ke daratan pantai, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yakni menggunakan pemecah gelombang dan pengembangan vegetasi pantai. Pemecah gelombang bisa menggunakan tetrapod dari beton yang ditaruh di garis pantai. Pengembangan vegetasi buatan bisa dilakukan dengan penanaman pohon bakau di sekitar garis pantai.

6

Dalam pengertian pantai menurut para ahli di atas disebutkan bahwa pantai juga bisa dimaknai sebagai sebuah tempat wisata. Berkenaan dengan hal tersebut, alasan pantai menjadi tempat wisata favorit masyarakat adalah karena pemandangannya yang indah dan keluasan area yang tidak terbatas. Keindahan yang ditawarkan tidak hanya dari pemandangannya saja, kehidupan biota laut dan berbagai macam olahraga air yang ditawarkan juga menarik minat para wisatawan. Pantai dan laut memang dikenal memiliki kehidupan biota yang sangat beraneka ragam. Dari jenis pantainya, kehidupan biota pantai bisa dibagi menjadi dua, yakni habitat pantai pasir dan habitat pantai berbatu. Habitat pantai pasir biasanya berupa bintang laut, siput laut, penyu, kepiting, udang, hermit crabs, dan berbagai organisme yang membuat liang di dalam pasir dan biasanya keluar saat air sedang surut. Sedangkan di habitat pantai berbatu biasanya dihuni oleh rumput laut, kepiting hermit, moluska, siput, teripang, alga hijau, dan berbagai jenis organisme yang biasa hidup di sela-sela terumbu karang.

Pengertian pantai menurut para ahli – Selain dibagi berdasarkan jenis daratannya, pantai juga bisa dibagi berdasarkan curam tidaknya. Ada pantai landau dan pantai curam. Pantai landau adalah tepi laut yang daratannya menurut sedikit demi sedikit ke arah laut, umunya terdapat di sekitar utara Pulau Jawa. Sedangkan pantai curam adalah pesisir yang terjal dan dalam, umumnya terdaoat di pantai-pantai selatan Pulau Jawa. Kedua jenis pantai tersebut tetap bisa dimasukkan dalam pantai wisata, tentunya dengan pengawasan yang berbeda karena pantai curam lebih berbahaya daripada pantai landai.

Related Posts