Pengertian Molekul Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Pengertian Molekul Menurut Para Ahli adalah – Tahukah Anda apa yang disebut dengan molekul? Tahukah pula Anda mengenai pengertian molekul menurut para ahli? Berbicara mengenai molekul akan mengingatkan kita tentang pembelajaran dalam bidang ilmu Kimia yang termasuk dalah satu cabang Ilmu Pengetahuan Alam. Pembahasan mengenai molekul memang bukan merupakan pembahasan sehari-hari. Hanya kalangan tertentu yang sesekali membicarakan mengenai hal ini. Sebagai salah satu kajian di bidang ilmu pengetahuan, molekul memiliki peranan penting karena berhubungan pula dengan kehidupan makhluk hidup.

Molekul adalah bagian terkecil dan tidak terpecahkan dari suatu senyawa kimia murni yang masih mempertahankan sifat kimia dan fisika yang unik. Molekul juga bisa diartikan sebagai sekelompok atom yang saling berikatan dengan kovalen (sangat kuat) dalam susunan tertentu dan bermuatan netral serta cukup stabil. Dalam satu molekul sedikitnya terdaoat dua atau lebih atom yang saling terikat, misalnya molekul air yang terbentuk dari 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen. Sebuah molekul dapat terbentuk dari atom-atom yang berunsur sama, misalnya oksigen (O2) atau terbentuk dari atom-atom yang berbeda, misalnya air (H2O). atom-atom yang berhubungan secara non-kovalen tidak dianggap sebagai satu molekul tunggal.

2

Sebagai salah satu bagian dari ilmu pengetahuan, molekul memiliki ilmu sendiri yang khusus membahas mengenainya, yakni kimia molekuler atau fisika molekuler. Keduanya tergantung dari jenis molekul yang menjadi fokus kajiannya. Hal tersebut juga termuat di dalam pengertian molekul menurut para ahli. Kimia molekul mengkaji tentang hukum-hukum yang mengatur interaksi antara molekul, sedangkan fisika molekuler mengkaji tentang hukum-hukum yang mengatur struktur dan sifat-sifat molekul. Sesuai dengan ilmu molekuler, sebuah molekul terdiri atas suatu sistem stabil  yang terdisi atas dua atau lebih molekul. Dalam hal ini akan diteui sebuah istilah molekul tak stabil, yakni istilah yang dipakai untuk merujuk pada spesi-spesi kimia yang sangat reaktif. Ilmu molekuler bisa dipelajari lebih lanjut untuk mengetahui segala hal yang rinci mengenai molekul dan berbagai pembahasannya.

Molekul bisa dibagi berdasarkan susunan atau bentukannya menjadi dua jenis, yakni molekul unsur dan molekul senyawa. Molekul unsur adalah molekul yang tersusun dari dua atom yang sama, misalnya oksigen yang terbntuk dari dua atom oksigen (O2). Molekul senyawa adalah molekul yang terususn atas lebih dari satu jenis atom, misalnya air yang terdiri atas dua atom H dan satu atom O sehingga memiliki rumus H2O. Dari kedua jenis molekul tersebut maka terbentuklah rumus-rumus kimia untuk masing-masing molekul, yakni fosfor (P4), asam sulfat (H2SO4), metana (CH4), karbondioksida (CO2), kapur (CaCO3), urea (CO(NH2)2), asam nitrat (HNO3), dan glukosa (C6H12O6).

Pengertian molekul telah berubah seiring dengan perkembangan zaman, begitu pula dengan pengertian molekul menurut para ahli. Awalnya, molekul didefinisikan sebagai partikel terkecil dari bahan-bahan kimia yang masih mempertahankan komposisi dan sifat-sifatnya. Namun, definisi ini ternyata tidak selamanya dapat diterapkan karena banyak materi berupa batuan, garam, dan logam yang tersusun dari jaringan atom yang terikat secara kimiawi. Karena alasan itulah definisi molekul kemudian berkembang hingga seperti yang telah disebutkan di atas.

Related Posts