Pengertian Etos Kerja Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Pengertian Etos Kerja Menurut Para Ahli adalah – Dalam menjalani suatu pekerjaan, seseorang memerlukan etos kerja yang baik agar pekerjaan tersebut bisa menghasilkan produk yang maksimal. Dengan adanya etos kerja yang baik pula, segala macam pekerjaan akan mampu diselesaikan dengan mudah dan menyenangkan. Apa sebenarnya etos kerja itu? Apa pula pengertian etos kerja menurut para ahli? Bagi Anda yang masih belum memahami atau masih merasa belum memiliki etos kerja yang baik bisa mempelajarinya dari definisinya terlebih dahulu. Dengan memahami definisi, Anda akan memahami konsep dan hakikatnya. Dengan begitu akan mudah menerapkannya dalam kehidupan bekerja.

Etos kerja terbentuk dari dua istilah yang digabungkan, yakni etos dan kerja. Etos berasal dari bahasa Yunani yang bermakna tempat hidup, kemudian istilah tersebut berkembang menjadi ethikos yang bermakna teori kehidupan atau etika. Sedangkan kerja bisa dimaknai sebagai aktivitas atau seseorang yang melibatkan fisik dan pikiran. Jadi, etos kerja bisa diartikan secara harfiah sebagai  suatu etika atau perilaku positif dalam melakukan setiap kegiatan atau aktivitas yang melibatkan fisik dan pikiran. Secara umum, etos kerja merupakan semua kebiasaan baik (disiplin, jujur, tanggung jawab, tekun, sabar, da sebagainya) yang berdasar pada etika yang harus dilakukan di tempat kerja. Tanpa memiliki etos kerja seperti yang telah disebutkan di atas, karyawan tak akan mampu meningkatkan produktivitas perusahaannya sesuai target yang diinginkan. Performance seorang karyawan sangat ditentukan oleh etos kerja yang dimilikinya.

6

Memabahas mengenai etos kerja tak akan lengkap bila tidak disertai dengan pengertian etos kerja menurut para ahli. Berikut ini adalah beberapa definisi etos kerja yang dikemukakan oleh para ahli di berbagai bidang ilmu dari seluruh dunia.

  • Menurut Usman Pelly, etos kerja adalah sikap yang muncul atas kemauan dan kesadaran sendiri yang didasari sistem orientasi nilai budaya terhadap pekerjaan seseorang.
  • Menurut Max Weber, etos kerja adalah perilaku kerja yang etis dan menjadi kebiasaan kerja yang berporos pada etika.
  • Menurut Geertz, etos adalah sikap mendasar terhadap diri dan dunia yang dipancarkan hidup.
  • Menurut Toto Tasmara, etos kerja adalah totalitas kepribadian dirinya dan caranya mengekspresikan, memandang, meyakini, dan memberikan makna bahwa ada sesuatu yang mendorong dirinya untuk berperilaku dan meraih amal yang optimal sehingga pola hubungan antara manusia dengan dirinya dan manusia dengan manusia lain bisa terjalin dengan baik.
  • Menurut Sinamo, etos kerja adalah konsep mengenai kerja atau paradigma kerja yang diyakini seseorang atau kelompok sebagai baik dan benar yang diwujudkan melalui perilaku kerja mereka secara khas.
  • Menurut Anoraga, etos kerja adalah pandangan dan sikap suatu bangsa atau seseorang terhadap kerja.

Dari pengertian etos kerja menurut para ahli di atas, bisa dipastikan bahwa etos kerja merupakan hal yang penting dalam suatu pekerjaan. Oleh sebab itu, seseorang perlu memilikinya. Bagaimana cara menumbuhkan etos kerja? Etos kerja bisa ditumbuhkan dengan cara sebagai berikut. Pertama, tumbuhkan sikap optimis. Kedua, jadilah diri sendiri. Ketiga, munculkan keberanian untuk memulai. Keempat, hargai waktu dan pekerjaan. Kelima, selalu konsentrasi pada pekerjaan. Dan keenam, selalu bekerja ata dasar panggilan Tuhan.

Related Posts