Penyakit Kanker Rahim Dan Gejalanya

 Kesehatan

Penyakit Kanker Rahim Dan Gejalanya – Kanker rahim adalah tumor ganas pada lapisan rahim ( endrometrium ). Penyakit kanker rahim merupakan penyakit yang paling menakutkan bagi wanita. Penyakit kanker pada rahim membuat seorang wanita tidak dapat hamil, bahkan penyakit ini dapat menyebabkan kematian. Kanker ini paling sering menyerang wanita diatas usia 50 tahun

Penyakit kanker rahim dan gejalanya. Penyebab kanker rahim disebabkan oleh Human Papiloma Virus atau virus HPV. Virus HPV adalah jenis mikroorganisme dengan ukuran kecil yang menyerang kulit melalui infeksi. Infeksi inilah yang menumbuhkan kutil. Akibat kekurangan pengetahuan wanita terhadap kanker rahim dan gejalaya, bisanya penderita yang terjangkit virus HPV akan membiarkan sebuah gejala terjadi dan selanjutnya tidak menyadari bahwa ia sedang membiarkan virus tumbuh dan berkembang menyerang system kekebalan tubuh wanita. Hal inilah yang akhirnya memicu tumbuhnya kanker. Para wanita sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan medis untuk mencegah berkembangnya virus HPV.

1

Penyakit kanker rahim dan gejalanya. Wanita yang menderita kanker rahim tampaknya memiliki faktor resiko tertentu ( faktor resiko adalah sesuatu yang mnyebabkan bertambahnya kemungkinan seseorang menderita suatu penyakit).

Wanita yang memiliki faktor resiko tidak selalu menderita kanker rahim , namun sebaliknya banyak wanita yang menderita kanker rahim yang tidak memiliki faktor resiko. Kadang memang tidak dapat dijelaskan mengapa seorang wanita menderita kanker rahim, sedangkan wanita yang lain tidak.

Penyakit kanker rahim dan gejalanya. Faktor resiko terkena kanker rahim yaitu sebagai berikut :

1).Kencing manis ( diabetes )

2). Kelebihan berat badan ( obesitas )

3). Terapi Sulih Hormon ( TSH )

TSH digunakan untuk mencegah asteoporosis, mengurangi resiko penyakit jantung atau stroke, dan mengatasi gejala-gejala menopause. Wanita yang mengkonsumsi estrogen tanpa progesteron memiliki resiko yang lebih tinggi. Pemakaian estrogen dosis tinggi dan dalam jangka panjang tampaknya juga mempertinggi resiko terkena kanker ini.

4).Tamoksifen

Wanita yang mengkonsumsi tamoksifen untuk mencegah atau mengobati kanker pay*ud*ara memiliki resiko yang lebih tinggi.

5). Tekanan darah tinggi ( Hipertensi )

6). Ras

Kanker rahim sering ditemukan pada wanita kulit putih.

7). Menopause setelah usia 52 tahun

8).Kemandulan

9). Tidak memiliki anak

10). Usia

11). Kanker kolorektal

12). Penyakit ovarium polikista

13). Polip endrometrium

14). Mens*tru*asi pertama sebelum usia 12 tahun

15). Hiperplasia endrometrium

Penyakit kanker rahim dan gejalanya. Gejala kanker rahim yaitu :

1). Pendarahan pada va*gi*na yang tidak biasa

2). Haid lebih berat dari biasanya ( bila anda belum pernah menopause )

3). Kepu*tihan berair atau berdarah

4). Pendarahan setelah menopause pendarahan diantara masa h*aid

5). Keputihan yang berlebihan

6). Rasa sakit pada daerah kewanitaan

7). Kelelahan

8). Pembengkakan pada kaki.

9). Nyeri saat berhubungan se*ks

10). Ketidaknyamanan didaerah panggul.

Apabila anda mnegalami pendarahan vag*ina yang tidak biasa, segera periksakan diri anda kedokter. Pendarahan merupakan salah satu gejala awal kanker rahim. Periksakan diri anda sesegera mungkin, agar kanker dapat diobati den

Related Posts