Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli adalah – Masih ingat pelajaran IPS di sekolah dulu? Telinga kita pasti tidak asing dengan kalimat ini. Manusia adalah makhluk sosial. Itu artinya bahwa manusia selalu membutuhkan manusia lain dalam hidupnya. Manusia sering hidup berkelompok supaya lebih memudahkan mereka dalam mencukupi kebutuhan hidupnya. Nah, lalu apakah lembaga sosial itu? Untuk menjawab ini kita bahas saja Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli.

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli. Menurut tokoh yang berpengaruh di barat, Paul Horton dan Chester L.Hunt menjelaskan bahwa lembaga sosial merupakan sistem norma-norma sosial yang dapat menyatukan nilai-nilai dan membuat prosedur-prosedur yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Jadi, lembaga sosial ini bergerak sesuai tuntutan dari masyarakat serta berfungsi untuk melayani masyarakat itu sendiri.

2

Sedangkan Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli dari beberapa sosiolog lainnya adalah sebagai berikut :

  1. Koentjaraningrat

Lembaga sosial merupakan suatu sistem tingkah laku yang berfokus pada kegiatan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia secara menyeluruh. Jadi, lembaga sosial menurut Koentjaraningrat berfungsi sebagai pelayan masyarakat.

  1. Soerjono Soekanto

Lembaga sosial merupakan kumpulan norma dari segala tingkatan yang mengacu pada kebutuhan pokok masyarakat.

  1. Peter Berger

Lembaga sosial merupakan sebuah prosedur atau norma yang mengatur perilaku manusia sehingga tetap berada di jalan yang dianggap benar oleh masyarakat. Nah, lembaga sosial ini mengatur kehidupan warganya untuk berperilaku sesuai dengan kebiasaan masyarakat tersebut.

  1. Mayor Polak

Lembaga sosial yaitu sebuah sistem yang memuat aturan dan adat istiadat yang memegang teguh nilai-nilai. Jadi, lembaga sosial ini memuat ajaran-ajaran atau norma-norma yang dijunjung tinggi oleh masyarakat.

  1. Hamilton

Lembaga sosial yaitu tata cara dalam kehidupan berkelompok yang dapat dijatuhi sanksi bila hal itu dilanggar. Berarti lembaga sosial berfungsi sebagai rambu-rambu bagi seseorang untuk bersikap sesuai dengan tuntutan masyarakat atau kelompok tertentu. Bagi yang melanggar maka akan mendapatkan hukuman.

  1. Robert Maclver dan C.H. Page

Lembaga sosial yaitu tata cara atau pun prosedur yang dibuat untuk mengatur dan memudahkan kehidupan manusia dalam berkelompok atau bermasyarakat.

  1. Leopold Von Wiese dan Becker

Lembaga sosial merupakan proses manusia dalam berkelompok agar dapat memelihara hubungan baik antar individu dan kelompoknya. Leopold Von Wiese dan Becker mengfungsikan lembaga sosial untuk mengatur hubungan seseorang dengan masyarakatnya.

Nah, setelah kita memahami tentang Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli. Sebaiknya kita juga mengenal jenis lembaga sosial di masyarakat yaitu, sebagai berikut :

  1. Lembaga keluarga

Lembaga keluarga ini merupakan kelompok terkecil yang ada dalam masyarakat.

  1. Lembaga ekonomi

Merupakan bentuk lembaga sosial yang berhubungan dengan bidang ekonomi.

  1. Lembaga politik

Merupakan lembaga yang berhubungan dengan Negara dan berfungsi untuk mengatur kenegaraan dan juga membangun negara.

  1. Lembaga pendidikan

Lembaga ini berfungsi untuk memberikan pengajaran dan wawasan ilu pengetahuan.

  1. Lembaga agama

Lembaga ini berfungsi untuk memberikan rambu-rambu atau atau pun hal-hal yang wajib dikerjakan oleh pemelukya.

Related Posts