Pengertian Efisiensi Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Pengertian Efisiensi Menurut Para Ahli adalah – Anda pasti tidak asing dengan kata efisien. Efisien biasanya bersanding dengan kata efektif. Efisien itu sendiri berarti tepat atau sesuai. Lalu samakah efisien dengan efisiensi? Ya, kedua kata itu hampir sama artinya. Efisiensi adalah istilah yang dipakai dalam bidang ekonomi. Untuk lebih tahu, akan kita bahas Pengertian Efisiensi Menurut Para Ahli.

Efisien sebenarnya berasal dari bahasa latin efficere yang artinya menghasilkan atau menjadikan. Sebuah aktivitasa atau tindakan yang kita lakukan dapat dikatakan efisiensi jika mencapai hasil maksimal. Jadi efisiensi adalah apabila pengorbanan atau usaha yang kita lakukan sebanding dengan hasil maksimal yang kita peroleh. Kita simak saja Pengertian Efisiensi Menurut Para Ahli agar lebih mudah memahami.

Pengertian Efisiensi Menurut Para Ahli. Efisiensi adalah menggunakan sumber daya yang minimal untuk mencapai hasil minimal. Efisiensi memandang sesuatu dengan terfokus pada satu tujuan dan berusaha menentukan caracara yang paling sesuai untuk dapat berhasil mencapai tujuan itu. Efisiensi bersifat membandingkan antara masukan dan keluaran yang diterima.

 5

 Pengertian Efisiensi Menurut Para Ahli. Berikut ini adalah beberapa pengertian efisiensi dari para ahli yang sudah kami rangkum. Ayo kita bahas satu persatu :

  1. Dearden

Efesiensi ialah kemampuan unit usaha dalam meraih tujuan yang ingin dicapai, efisiensi sering dikaitkan pada tujuan yang ingin dicapai perusahaan.

  1. Gie

Efisiensi adalah hubungan optimal atau berbanding baik antara fasilitas dan biayanya, kerja keras dengan hasilnya, modal dengan keuntungannya, pendapatan dengan pengeluarannya.

  1. Emerson

Efisiensi ialah keberhasilan optimal yang diraih padahal dengan bahan terbatas. Jadi, efisiensi adalah usaha dalam meraih tujuan agar tercapai dengan maksimal meski dengan kemampuan terbatas.

  1. Supriyono

Efisiensi adalah apabila sebuah lembaga dapat bekerja secara optimal sehingga mencapai tujuan yang diharapkan.

  1. Mulyamah

Efisiensi merupakan pembandingan antaran rencana penggunaan masukan dengan penggunaan realitasnya.

  1. KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, efisiensi diartikan sebagai kemampuan dalam melakukan pekerjaan dengan tepat dan baik (dengan menghemat tenaga, waktu, dan biaya).

Nah, dari berbagai Pengertian Efisiensi Menurut Para Ahli yang sudah kita pahami. Sekarang dapat disimpulkan bahwa efisiensi adalah kemampuan perusahaan menjalankan kegiatannya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dengan menggunakan input yang serendah-rendahnya untuk memperoleh output semaksimal mungkin. Jadi, efisiensi kerja berarti cara-cara bekerja secara efisien, dilihat dari 3 unsur yang meliputi waktu, biaya, dan metode kerja. Efisien adalah cara yangtidak mengurangi hasil yang ingin dicapai, namun ditempuh dengan sebagai berikut:

  1. Cara termudah
  2. Cara teringan
  3. Cara tercepat
  4. Cara tersingkat
  5. Cara termurah

Setelah membahas tentang Pengertian Efisiensi Menurut Para Ahli semoga anda dapat mengenal benar tentang efisiensi. Efisiensi ini sangat ampuh jika diterapkan dalam berbisnis, yakni dengan berprinsip usaha untuk memperoleh hasil yang optimal. Dengan sedikit modal namun memiliki keuntungan yang besar. Namun, hal itu juga harus mempertimbangkan unsure kemanusian. Jangan sampai efisiensi menurut kita, justru malah merugikan orang lain ya.

Related Posts