Ciri Penyakit Batu Gagal Ginjal Kronis, Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Mengobatinya

 Kesehatan

Ginjal adalah salah satu organ dalam yang sangat penting dan memiliki peran sebagai alat sekresi atau alat pengeluaran, secara otomatis ginjal dapat mengeluarkan cairan yang berlebihan dalam tubuh, sehingga keseimbangan fungsi tubuh dapat terus stabil, akibat yang ditimbulkan jika ginjel kita mengalami gangguan adalah racun yang ada di tubuh yang seharusnya di keluarkan maka akan mengendap dalam tubuh yang semakin membuat kerja jantung menjadi jauh lebih berat. Jika racun-racun tersebut telah mengendap dalam tubuh manusia maka berkemungkinan bukan hanya ginjal saja yang lama kelamaan akan rusak, akan tetapi beberapa organ dalam lainnya juga akan rusak. Salah satu dari beberapa penyakit ginjal adalah penyakit batu gagal ginjal kronis, apa sebenarnya ciri penyakit batu gagal ginjal kronis, gejala, penyebab, pencegahan dan mengobatinya, mari kita simak berikut ini.

                Ciri penyakit batu gagal ginjal kronis, gejala, penyebab, pencegahan dan mengobatinya –Bagi penderita penyakit batu ginjal sebenarnya memiliki beberapa ciri awal yang patut di perhatikan oleh seseorang, ciri-ciri tersebut antara lain merasakan rasa yang aneh pada tubuhnya, misalnya rasa mual yang mengganggu, menderita sakit kepala yang hebat, mengalami nafsu makan yang menurun, disertai dengan penurunan berat badan secara drastis, beberapa gejala lain yang ditimbulkan ketika sakit ginjal ini semakin parah adalah terjadinya pembengkakan di beberapa bagian disertai dengan sesak nafas, hal ini terjadi karena penumpukan cairan dalam tubuh yang tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal karena ginjal sedang mengalami gangguan. Selain itu jika tanda-tanda awal tersebut tidak segera di tindak lanjuti maka hal yang tidak diinginkan berupa kematianpun akan terjadi pada penderita penyakit ginjal.

1

Sejak awal sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan seseorang agar tubuh yang dicintainya terhindar dari penyakit ginjal ini, beberapa cara yang dapat anda coba untuk menghindari penyakit ginjal yaitu

  1. Menjaga dan memperbaiki pola makan

Banyak pakar yang mengatakan bahwa apa yang kita rasakan berasal dari apa yang kita makan, karena itu penting kiranya agar menjaga asupan makanan yang masuk dalam tubuh kita, perhatikan apa yang dibutuhkan tubuh, perhatikan tentang gizi,serat dan vitamin yang harus kita berikan untuk tubuh. Salah satu makanan yang sebaiknya sedikit demi sedikit dihindari adalaah beberapa makanan yang memiliki cita rasa asin, karena kandungan garam yang terdapat pada makanan asin dapat membuat peningkatan cairan pada ginjal yang akibatnya dapat membuat urine menjadi jauh lebih pekat dan tentunya lebih sulit untuk dikeluarkan.

  1. Mengurangi makanan yang memiliki kandungan protein terlalu tinggi

Protein adalah salah satu komponen penting yang di butuhkan oleh tubuh, akan tetapi perlu di batasi dalam pengonsumsiannya, hal tersebut harus dilakukan agar energy dan segala kebutuhan tubuh dapat seimbang.

  1. Memperbanyak minum air putih

Mulai dari sekarang selalu sediakan air putih dimanapun anda berada, saat bepergian, bekerja maupun sedang bersantai. Gantilah kebiasaan meminum minuman yang mengandurng rasa manis ataupun bersoda dengan minum air putih, salah satu manfaat yang didapatkan dari seringnya kita mengonsumsi air putih adalah dapat membentu mempercepat pembuangan racun. Demikianlah beberapa paparan tentang ciri penyakit batu gagal ginjal kronis, gejala, penyebab, pencegahan dan mengobatinya semoga dapat bermanfaat.

Related Posts