Pengertian dan Sejarah Komputer

 Pengetahuan

Pengertian dan Sejarah Komputer – Akhir-akhir ini komputer bukan barang mewah lagi. Di setiap rumah sudah biasa terdapat komputer. Alat ini memudahkan manusia dalam bekerja mengolah data seperti mengetik, berhitung, menggambar, dan lain sebagainya. Komputer menurut bahasa berasal dari kata computere yang berarti menghitung aritmatika. Karena memang pada awalnya computer diciptakan untuk menghitung atau sebagai kalkulator.

Sedangkan menurut istilah computer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima data dan bisa mengolah data, memproses data dan menyimpan data serta menghasilkan output dengan perintah-perintah yang ada dalam program komputer. Pendek kata, computer adalah alat yang dipergunakan untuk mengolah data melalui prosedur tertentu dan menyimpan serta mengeluarkan data pula. Para ahli computer berbeda beda mengenai arti dari computer itu sendiri karena luasnya bidang ilmu computer.

com

Adapun menurut McGraw Hill, mendefinisikannya sebagai seperangkat alat elektronik yang dapat dipergunakan untuk menerima data, memprosesnya, lalu mengeluarkan data sesuai dengan yang diperintahkan di programnnya. Robert H. Blissmer mendefinisikan computer sebagai suatu alat elektronik yang mampu melaksanakan beberapa tugas antara lain menerima input/masukan secara digital, memproses input tersebut sesuai program di dalamnya, menyimpan perintah perintah dan hasil proses pengolahan data, dan menyediakan output/ keluaran dalam bentuk informasi.

Awal muasal computer diawali pada tahun 1900-1973, seorang insinyur Harvard menciptakan kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator berukuran panjang setengah kaki dan panjang kabel 500 mil. Perubahan computer terus terjadi. Pengertian dan Sejarah Komputer terjadi lagi.  Selanjutnya berkembang computer bernama electronic numerical integrator yang dibikin atas hubungan kerja pada pemerintah dengan university Pennsylvania. Bayangkan Computer ini terdiri dari 18 ribu tabung vakum, 70 ribu resistor, dan 5 juta titik solder, sehingga computer ini sangatlah besar, begitu pula konsumsi listriknya sangat besar dimana daya listriknya sebesar 160 kw. Computer ini dirancang oleh John Presper Ecckert.
Kemudian tahun selanjutnya John Mauchly menciptakan computer serbaguna yang bekerja 1000 kali lebih cepat dari computer sebelumnya.

Perkembangan computer terjadi lagi. Dimana John Von Neuman bergabung bersama tim university of Pennsylvania membangun rencana mendesain computer. John Van Neuman mendesain computer dan menggunakan memori untuk menyimpan baik program maupun data lain. Computer ini menggunakan pemrosesan sentral unit atau CPU yang memungkinkan semua fungsi computer dapat dikoordinasikan lewat satu sumber tunggal. Lalu pada tahun 1951, computer ini yang diberi nama computer universal automatic dibuat oleh Remington dan menjadi computer komersial pertama di dunia yang memanfaatkan model computer John Von Neuman.

Pada waktu itu tahun 1941 perang dunia berkobar terus menerus melibatkan banyak Negara maka banyak Negara yang mengembangkan komputer sebagai alat strategis dan potensial. Pada tahun 1941, Komputer generasi ini dibuat oleh Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman. Komputer ini digunakan untuk mendesain pesawat dan peluru kendali.

Kemudian pihak sekutu terus mengembangkan komputer dan berhasil membuat computer sebagai pemecah kode rahasia yang digunakan oleh Jerman. Komputer yang digunakan tidak serbaguna, hanya sebagai pemecah kode rahasia, dan dirahasiakan sampai perang dunia berakhir.

Jadi jelaslah computer generasi pertama digunakan dengan spesifik untuk tugas khusus seperti berhitung. Tiap tiap computer mempunyai program binner yang berlainan. Ciri lain computer generasi pertama adalah adanya penggunaan tube vakum yang membuat computer periode ini berukuran besar sekali serta selinder dengan magnetic untuk penyimpanan data. Demikianlah uraian mengenai Pengertian dan Sejarah Komputer. Semoga bermanfaat.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : contoh cover makalah , pengertian computer , pengertian globalisasi , pengertian demokrasi , pengertian hukum

Related Posts