Pengertian Globalisasi dan Dampaknya

 Pengetahuan

Pengertian Globalisasi dan Dampaknya – Globalisasi nyata-nyata telah berada di depan mata kita. Sekarang era globalisasi. Tidak ada sekat ruang dan waktu sekarang ini. Adanya globalisasi membuat dunia tampak sempit. Dunia sudah menyeluruh dalam satu genggaman di dalam era globalisasi. Pendek kata, globalisasi telah memasuki kehidupan kita sejak masa yang lama dulu. Dalam kehidupan sehari hari, proses globalisasi terjadi dalam setiap sisi kehidupan. Coba perhatikan tayangan televisi, berita di surat kabar, film, lagu yang didengar. Semua itu adalah produk globalisasi.

Apa itu globalisasi?
Menurut bahasa, globalisasi berasal dari kata globe yang berarti dunia. Sedangkan menurut istilah, globalisasi adalah suatu proses mendunia.

glo

Dahulu apabila kita ingin memnonton pertandingan yang dilangsungkan di suatu Negara maka kita datang ke Negara bersangkutan. Tetapi sekarang kita tidak perlu ke sana, kita cukup melihat di layar televisi secara langsung atau streaming via internet. Atau dahulu jika kita ingin bertemu dengan seseorang maka kita harus bertemu langsung tatap muka dengan orang tersebut, tetapi sekarang dengan adanya pesawat telepon atau telepon genggam kita tidak perlu tatap muka atau bertemu langsung dengan orang bersangkutan, cukup berbicara melalui telepon saja. Istilahnya Transportasi memperpendek jarak. Komunikasi menghilangkan jarak.
Ditinjau dari perspektif kebangsaan, globalisasi menumbuhkan kesadaran bahwa kita merupakan warga dari suatu masyarakat global dan mengambil manfaat darinya. Namun disisi lain makin tumbuh pula dorongan untuk lebih melestarikan dan memperkuat jati diri bangsa atau identitas bangsa. Di era globalisasi, bangsa bangsa bersatu secara mengglobal, tetapi bersamaan dengan itu muncul pula rasa kebangsaan yang berlebihan masing masing bangsa.
Mau tidak mau, Indonesia sudah terkena dampak globalisasi dimana arus liberalisasi perdagangan, barang dan jasa. Jika Indonesia tidak mau, maka Indonesia akan dikucilkan oleh Negara Negara lain dan akan mendapatkan sanksi embargo ekonomi secara internasional.

Pengertian Globalisasi dan Dampaknya – Hal ini (era globalisasi) memberikan manfaat kepada umat manusia tetapi ada juga dampak buruknya.
Adapun dampaknya dari globalisasi, ada yang positif dan negatif.
Dampak positif dari globalisasi antara lain :
1. Semakin terbukanya informasi yang bermanfaat bagi manusia. Maksudnya para generasi sekarang mampu mendapatkan sarana sarana yang memungkinkan mereka memperoleh informasi dengan lebih cepat, lebih efisien dan jangkauan yang luas
2. Persaingan sehat tumbuh dengan sendirinya karena terjadi perdagangan atau persaingan bebas. Manusia terpacu semangat produktifitas dan inovasi para pelaku ekonomi agar produk mereka mampu bersaing dengan produk yang lain
3. Setiap daerah terpencil dapat terpantau, kesejahteraan bisa dirasakan semua pihak, dan lain lain.
Sementara itu, dampak negatif dari globalisasi antara lain :
1. Kejahatan bisa terjadi lintas Negara
2. Bisa membuat seseorang enggan untuk berhubungan dengan orang lain sehingga mampu menghilangkan rasa kebersamaan manusia
3. Informasi yang didapat secara lengkap, cepat itu bila tidak disertai penyaringan bisa berakibat pada perubahan pola pikir, perilaku yang tidak sesuai dengan norma norma agama dan budaya Indonesia.

Globalisasi memang suatu proses dan bukan sebuah produk akhir. Karena globalisasi merupakan sebuah proses dan posisi masing masing bangsa dalam proses tersebut sangat berbeda. Maka globalisasi dalam artian fisik maupun psikologis akan menimbulkan masalah masalah. Karena globalisasi sebagai suatu proses tidak akan terelakkan.
Demikianlah uraian tentang Pengertian Globalisasi dan Dampaknya. Semoga bermanfaat.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : contoh cover makalah , pengertian computer , pengertian globalisasi , pengertian demokrasi , pengertian hukum

Related Posts