Buah Untuk Penyakit Maag

 Kesehatan

Mengonsumsi makanan yang sehat mutlak di perlukan bagi anda yang menginginkan sembuh dari penyakit maag, karena penyakit ini berhubungan dengan pencernaan dan lambung maka makanan sehat dan kaya akan serat dapat menjadi obat alami untuk mengatasi keluhan yang ditimbulkan akibat penyakit maag, namun bukan hanya itu mengonsumsi sayur dan buah untuk penyakit maag juga sangat di anjurkan dalam proses pengobatan maupun pencegahan penyakit maag, akan tetapi terdapat beberapa sayur dan buah-buahan yang sebaiknya di hindari bagi penderita penyakit maag, misalnya sayuran yang mengandung gas seperti semua sayuran kol, serta buah-buahan yang mengandung rasa yang sangat asam. Rasa asam dan sayuran yang mengandung gas dapat memicu terjadinya kenaikan pada asam lambung, akibatnya lambung akan terasa kembung dan nyeri, selain itu jika asam lambung yang naik dibiarkan tanpa mendapatkan perawatan lama kelaman dapat membuat lambung menjadi radang.

7

Pada dasarnya semua buah memiliki fugsi yang baik untuk tubuh, akan tetapi jika menderita penyakit maag sebaiknya pilih buah untuk penyakit maag yang telah benar-benar matang dan tidak memiliki rasa masam, buah tersebut misalnya mangga, pastikan mangga dengan rasa manislah yang di konsumsi oleh penderita penyakit maag, karena jika mengonsumsi mangga yang memiliki cita rasa masam, bukannya membantu dalam penyembuhan penyakit maag tetapi malah membuat kambuhnya penyakit maag. Yang perlu diingat dan menjadi catatan juga adalah cara mengonsumsi buah, sebaiknya berilah jeda antara mengonsumsi buah dengan mengonsumsi makanan utama, sebaiknya makan buah 20 menit sebelum memakan makanan utama, untuk buah-buahan tertentu seharusnya di konsumsi lebih lama sebelum makanan utama misalnya pisang. Pisang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk di cerna yakni kurang lebih 45 menit, karena itu jika ingin mengonsumsi pisang sebaiknya jeda antara makan pisang dengan menyantap menu utama harus lebih lama. Kebiasaan lama yang menyantap buah-buahan setelah makan sebagai pencuci mulut sebaiknya segera di ubah menjadi makan buah terlebih dahulu sebelum menyantap makanan utama.

Papaya juga merupakan buah untuk penyakit maag yang sangat baik di konsumsi, buah memiliki zat yang dapat membantu dalam mempercepat pencernaan, selain itu papaya juga dapat memaksimalkan protein jika di konsumsi sebelum makan dengan jeda waktu kurang lebih 1 jam. Itulah beberapa buah-buahan yang dianjurkan untuk di konsumsi, yang harus menjadi catatan adalah, pastikan buah dalam keadaan benar-benar matang sehingga tidak membuat penyakit maag kambuh, selain itu mengubah cara atau waktu mengonsumsi buah juga dapat membantu menyembuhkan penyakit maag secara alami. Sayuran brokoli dan kentang juga dianjurkan di konsumsi karena brokoli mengandung kalium, sulfur dan vitamin c yang baik dan di butuhkan oleh tubuh, sdangkan kentang dapat dijadikan sebagai alternative sumber karbohidrat yang baik, karena kentang memiliki sifat mengenyangkan dalam waktu yang relative lama. Itulah beberapa tips dan beberapa macam buah-buahan yang dapat anda jadikan pilihan jika ingin mengatasi penyakit maag secara alami, semoga bermanfaat

Related Posts