Pengertian Penyakit Lupus, Penyebab, Tanda Ciri Gejala, Pencegahan, dan Cara Mengobatinya

 Kesehatan

Zaman dahulu pernahkah anda megenal atau bahkan melihat cerita tentang lupus, anak muda dengan ciri khas suka mengonsumsi permen karet, cerita dengan tokoh-tokoh muda yang dikemas dengan cerita kocak dan penuh hiburan, bahkan karena begitu terkenal dan melekatnya cerita tentang lupus, kini telah diangkat cerita dalam flm layar lebar yang mengisahkan tentang kehidupan lupus, akan tetapi tahukah anda jika lupus juga merupakan suatu nama dari penyakit yang sangat berbahaya, yang begitu kontras dengan cerita riang dan menghibur tentang tokoh lupus, lalu apa sebenarnya pengertian penyakit lupus, penyebab, tanda ciri gejala, pencegahan, dan cara mengobatinya? mari kita ketahui bersama supaya dapat menambah informasi dan menjadi benteng pencegah agar kita terhindar dari penyakit lupus.

9

                Pengertian penyakit lupus, penyebab, tanda ciri gejala, pencegahan, dan cara mengobatinya –lupus merupakan penyakit yang sangat mematikan, sehingga perlu mendapatkan penanganan yang sangat khusus bagi penderita penyakit in. Penyakit lupus bahkan bagi sebagian ahli mengatakan hampir sama berbahayanya dengan penyakit kanker. Penyakit ini pada awalnya dicurigai salah satu penyakit kulit, karena penyakit ini dapat mengakibatkan bercak-bercak kemerahan pada kulit, rambut lama-kelamaan menjadi rontok, sering timbul sariawan serta di beberapa persendian sering terjadi pembengkakan, namun setelah di teliti lebih lanjut ternyata lupus tidak hanya menyerang kulit akan tetapi dapat menyerang seluruh anggota badan. Terdapat beberapa gejala yang di timbulkan penderita penyakit lupus, diantaranya adalah

  1. Kulit mudah menjadi gosong akibat sengatan sinar matahari langsung
  2. Penderita penyakit lupus sering merasakan lelah yang berlebihan serta tidak dapat bekerja dengan porsi yang berat
  3. Penderita lupus akan memiliki ruam pada pipi yang mirip dengan kupu-kupu
  4. Penderita lupus biasanya juga mengidap penyakit anemia, karena sel-sel darah merah penderita lupus akan dihancurkan karena penyakit ini
  5. Penderita lupus lama-kelamaan akan mengalami kebotakan.

Penyakit lupus ini adalah penyakit yang berhubungan dengan system imun, yang mana penyakit ini menganggap bahwa seluruh jaringan dalam tubuh sebagai benda asing. Reaaksi yang berhubungan dengan imunitas ini dapat meyerang kulit, otot, ginjal dan hampir seluruh organ dalam manusia, penyakit ini dapat diderita oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama mereka yang berusia 15 sampai dengan 50 tahun.

Beberapa cara dapat di tempuh agar kita terhindar dari penyakit lupus ini, diantaranya

  1. Menghindari stress yang berlebihan serta mengatur pola makan dan pola hidup sehat
  2. Sebaiknya jangan berada di bawah sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama
  3. Hindari merokok, jika saat ini anda menjadi seorang perokok lebih baik segera stop dari sekarang
  4. Lakukan olah raga dengan teratur dan rutin

Beberapa informasi tentang pengertian penyakit lupus, penyebab, tanda ciri gejala, pencegahan, dan cara mengobatinya ini semoga dapat dijadikan rujukan dan pencegahan agar kita dapat terhindar dari penyakit lupus, agar penderita penyakit lupus dari hari ke hari tidak semakin bertambah.

Related Posts