Manfaat Minum Teh Hitam dan Teh Basi bagi Kesehatan

 Kesehatan

Sejak dulu teh memang telah dikenal memiliki banyak sekali manfaat. Namun, tahukah Anda bahwa teh basi pun juga bisa memberikan manfaat bagi tubuh kita? Dari berbagai macam jenis teh, seperti teh hijau dan teh hitam, ada jenis teh basi yang juga bermanfaat bagi kesehatan. Teh basi ini adalah teh yang dibuat dari seduhan daun teh kering yang telah dibiarkan selama minimal 2 hari. Seduhan daun teh tersebut akan menjadi basi karena terlalu lama. Meski basi ternyata tetap bisa dimanfaatkan. Hal inilah yang akan dibahas dalam ulasan di bawah ini mengenai manfaat minum teh hitam dan teh basi bagi kesehatan tubuh manusia.

Pernahkah Anda melihat atau mencicipi teh hitam? Dikatakan teh hitam karena warnanya yang jauh lebih pekat dari teh biasa. Yang membedakan teh hitam dengan teh biasa adalah proses penjemuran dauh teh yang lebih lama sehingga menghasilkan warna yang lebih pekat dan rasa yang lebih pahir bila dibandingkan dengan teh biasa.     Teh hitam memang tidak lazim dan tidak sebanyak teh biasa atau teh hijau. Proses produksi yang lebih lama membuat harga teh hitam relatif lebih mahal dari teh biasa. Mungkin hal itulah yang menyebabkan teh hitam penjualannya tidak sebanyak teh biasa. Adapun dari segi manfaat, teh hitam juga memberikan berbagai jenis manfaat bagi kesehatan, yakni.

5

  • Meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh karena kandungan alkylamines
  • Menjaga dan meningkatkan kesehatan mulut karena kandungan polifenol
  • Mencegah kanker karena kandungan polifenol catechin
  • Melindungi jantung
  • Melindungi tubuh dari radikal bebas
  • Menurunkan risiko diabetes
  • Menjaga kesehatan pencernaan karena kandungan tannin dan fitokimia
  • Memperkuat tulang dan gigi

Di dalam manfaat minum teh hitam dan teh basi bagi kesehatan juga dibahas mengenai khasiat dari teh basi. Sebuah penelitian memberikan hasil yang cukup mengejutkan. Diketahui bahwa seduhan teh yang telah basi, atau biasa disebut dengan teh basi, ternyata juga memiliki kandungan zat yang snagat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama kulit. Tentunya untuk mendapatkan khasiat tersebut teh basi tidak diminum karena sudah tidak layak, teh basi bisa dimanfaatkan dengan cara dioleskan pada kulit. Untuk hasil optimal, sebaiknya teh basi yang digunakan tanpa dicampur dengan gula sehingga lebih alami dan tidak terkontaminasi dengan zat-zat lainnya.

Manfaat minum teh hitam dan teh basi bagi kesehatan. Teh basi memiliki berbagai macam manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Paparan manfaat dari teh basi tersebut adalah sebagai berikut.

  • Untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah karena mengandung vitamin E sehingga kulit akan terasa lebih lembut dan elastis.
  • Untuk membersihkan jerawat karena kandungan vitamin C yang cukup banyak, yakni lebih dari 500 kali lipat bila dibandingkan dengan lemon.
  • Menyegarkan mata yang lelah dengan cara mengedipkan mata di rendaman teh basi.
  • Untuk mengatasi ketombe dan rambut rontok dengan cara dicampur dengan air hangat lalu digunakan sebelum keramas, diaplikasikan dengan cara dipijat-pijat.

Related Posts