Manfaat khasiat Beras Merah untuk Kesehatan dan Diet

 Kesehatan

Sebagai orang Indonesia yang makanan pokonya adalah beras, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan macam-macam beras yang bisa dikonsumsi. Beras yang lazim dikonsumsi oleh orang Indonesia adalah beras putih yang diolah menjadi nasi putih atau bubur. Jenis beras lain yang juga mulai banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah beras merah yang nantinya akan menghasilkan nasi merah. Popularitas beras merah semakin hari semakin menanjak, terkait dengan manfaat beras merah untuk kesehatan dan diet yang telah dipahami oleh masyarakat. Beras merah memang merupakan makanan sehat pengganti beras putih. Dikatakan sebagai pengganti karena orang yang mengonsumsi beras merah tidak akan mengonsumsi beras putih lagi.

Beras merah memiliki nutrisi dan kandungan vitamin yang lebih besar dibandingkan beras putih. Yang popular di masyarakat, khasiat beras merah adalah untuk menurunkan berat badan sehingga sangat baik dikonsumsi rutin setiap hari oleh orang yang sedang diet. Beras merah mengandung berbagai macam vitamin dan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan indeks glikemik yang rendah dapat mengontrol kdar gula dalam darah. Beras merah juga mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Kandungan lainnya di dalam beras merah adalah vitamin B6, zinc, dan mineral yang mampu mmpercepat proses penyembuhan luka. Segala kandungan di dalam beras merah inilah yang menarik masyarakat untuk mengganti beras putih dengan beras merah.

7

Dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang demikian banyak, manfaat beras merah untuk kesehatan dan diet sudah tidak perlu diragukan lagi. Berikut ini adalah paparan khasiat dari beras merah yang telah banyak dirasakan oleh konsumen.

  • Sebagai sumber serat yang tinggi sehingga mampu mengganggu penyerapan gula di dalam Menjaga kesehatan sistem saraf karena kandungan asam lemak dan hormon di dalamnya.
  • Mencegah timbulnya penyakit batu empedu karena kandungan serat yang juga bagus untuk diet.
  • karbohidrat dan lemak yang masuk bersamaan dengan makanan sehingga lebih menyehatkan.
  • Sebagai sumber pembentuk energi bagi tubuh karena kandungan vitamin B yang memang berfungsi untuk untuk sumber energi.
  • Membantu menjaga kesehatan tulang karena beras merah merupakan sumber magnesium yang dikenal sebagai nutrisi kunsi untuk kesehatan tulang, tentunya dengan kalsium dan vitamin D pula.
  • Mencegah penyakit kanker sejak dini karena nutrisinya mampu menangkal radikal bebas.
  • Mencegah kanker pay*udara karena kandungan serat yang juga dimiliki oleh biji-bijian lainnya.
  • Membantu menurunkan kolesterol karena kandungan serat pada beras merah yang sangat tinggi.
  • Mengontrol kadar gula di dalam darah karena serat yang terkandung di dalam beras merah membuat karbohidrat lebih lambat dicerna sehingga gula darah ikut lambat masuk ke dalam aliran darah.

Manfaat beras merah untuk kesehatan dan diet memang tidak sedikit. Kandungan serat yang tinggi ditambah dengan nutrisi dan vitamin lainnya membuat beras merah semakin mengokohkan khasiatnya bagi kesehatan. Bagi Anda yang berkeinginan menurunkan berat badan bisa menggunakan beras merah sebagai alternatif diet sehat. Yang perlu diperhatikan adalah imbangi asupan buah dan sayuran agar tubuh tidak kekurangan nutrisi meski sedang berdiet.

Related Posts