Fungsi Kapasitor Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Mari kita belajar listrik. Bisa dibilang listrik merupakan suatu kebutuhan primer bagi manusia. Bukan hanya makan, minum, dan pakaian yang saat ini menjadi kebutuhan primer manusia tapi juga listrik. Mengapa? Karena  listrik mempermudah kita melakukan sesuatu yang berkaitan dengan hal apapun. Belajar, bekerja, beribadah, dan hal lain dalam kehidupan kita sehari – hari. Bisakah pembaca bayangkan kita hidup di zaman sekarang tanpa fasilitas listrik? Daripada membayangkan dan menimbulkan ketakutan tersendiri, penulis mengajak pembaca untuk membaca artikel dengan judul fungsi kapasitor menurut para ahli, judul ini berkaitan erat dengan listrik yang kita gunakan setiap harinya.

Sebelum membahas fungsi kapasitor menurut para ahli,  kita pahami dulu apa itu kapasitor dan hubungannya dengan listrik. Kapasitor adalah komponen elektronika yang dapat menyimpan muatan arus listrik sampai batas waktu tertentu dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan arus listrik, muatan arus listrik disimpan di dalam medan listrik. Kapasitor memiliki cara kerja yang terbilang singkat, hanya dengan mengalirkan arus listrik menuju kapasitor, setelah terisi penuh dengan arus listrik, kapasitor akan mengeluarkan muatannya dan kembali mengisi lagi, proses ini terjadi secara berulang – ulang. Pembaca sudah bisa mengerti kan jika kapasitor memang berkaitan erat dengan arus listrik, jadi tidak ada salahnya kita mengenal komponen pasif dalam ilmu elektronika ini.

3

Setelah mengerti arti kapasitor dan hubungannya dengan listrik, sekarang kita membahas tentang fungsi kapasitor menurut para ahli. Para ahli kapasitor berarti mereka yang memiliki kemampuan handal dibidang listrik, karena membahas listrik dan komponen elektronika berarti kita membahas kapasitor. Langsung saja, penulis berikan poin untuk pembaca agar lebih mudah memahami fungsi dari kapasitor. Komponen elektronika dengan nama kapasitor ini memiliki fungsi sebgai berikut :

  1. Dalam rangkaian oscillator, kapasitor berperan dalam pembangkit frekuensi, hal ini berkaitan dengan jenis kapasitor variable. Kapasitor variable adalah kapasitor yang dapat diubah nilainya,biasanya digunakan dalam tunning pada radio.
  2. Kapasitor berfungsi sebagai penghubung antara 2 rangkaian yang berbeda atau dikenal dengan fungsi kapasitor sebagai kopling, ini berhubungan dengan sifat dasar kapasitor yang dapat dilalui arus ac (alternating current) tetapi tidak dapat dilalui arus dc (direct current) sehingga dalam pengertiannya sifat dasar ini dapat dimanfaatkan untuk memisahkan 2 buah rangkaian yang saling tidak behubungan secara dc tetapi masih berhubungan secara ac (signal).
  3. Kapasitor berfungsi sebagai pemotong tegangan ripple dalam suatu power supply. Hal ini berhubungan dengan sifat dasar kapasitor dalam menyimpan muatan listrik.
  4. Kapasitor memegang peranan penting dalam pencegahan terjadinya percikan bunga api pada sebuah saklar. Kapasitor mengatur keluaran arus yang sesuai sehingga tidak terjadi arus yang berlebihan yang menyebabkan adanya percikan api.

Bagaimana pembaca? Sudah mengerti kan tentang pengertian dan fungsi kapasitor menurut para ahli? Penulis berharap penulisan artikel kali ini memberikan manfaat, menambah wawasan bagi pembaca dan menimbulkan rasa penasaran sehingga pembaca terus dan terus menggali ilmu yang tidak ada batasnya. Karena ilmu apapun yang kita miliki suatu saat nanti akan menjadi manfaat tersendiri dalam waktu tertentu.

Related Posts