Pengertian dan Fungsi Tombol Keyboard

 Pengetahuan

Apakah pembaca pernah diberikan pertanyaan mengenai pengertian dan fungsi tombol keyboard? Jika pernah, dapatkah pembaca menjabarkannya secara rinci? Artikel kali ini penulis buat untuk menjawab pertanyaan di atas. Bagi pembaca yang belum bisa menjawabnya silahkan simak pembahasan kali ini, dan bagi pembaca yang sudah bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan mudah, tidak ada salahnya ikut belajar lagi, siapa tahu dengan membaca kembali anda menemukan hal – hal baru yang bisa anda pelajari dan menambah pemahaman anda, agar ilmu yang anda miliki semakin tinggi.

Keyboard. Apa yang terlintas di pikiran pembaca ketika membaca kata ini? Keyboard erat kaitannya dengan computer. Keyboard merupakan salah satu perangkat keras computer atau alat input yang memiliki berbagai macam tombol dengan fungsi yang berbeda tergantung pada penekanannya sehingga menghasilkan output sesuai dengan kemauan kita. Penekanan yang dilakukan saat kita meggunakan keyboard berarti kita memerintahkan suatu perintah di computer kita, sesuai dengan kemauan kita. Terbayang tidak pembaca tentang arti dari kata keyboard? Setelah membahas arti dari keyboard, penulis akan menjabarkan tentang fungsi dari tombol keyboard agar pertanyaan seputar massalah pengertian dan fungsi tombol keyboard terjawab dengan sempurna. Fungsi tombol keyboard bermacam-macam sesuai dengan perintah dan pemakaiannya, berikut penulis jabarkan fungsi keyboard sesuai dengan perintahnya dan pemakaiannya;

2

  1. Dalam tombol keyboard terdapat tombol ketik, tombol ketik disini memiliki fungsi untuk memberikan perintah dalam suatu pengetikan. Tombol keyboard terdiri dari huruf dan angka yang ada di computer atau laptop. Coba pembaca perhatikan tombol keyboard computer atau laptop anda agar lebih memahami pembahasan kali ini!
  2. Terdapat tombol control dengan lambang ctrl,yang biasanya terdapat pada pojok kiri bawah keyboard anda. Tombol control ini berfungsi untuk menggabungkan perintah sehingga menjalankan fungsi secara bersamaan, contohnya adalah ketika menekan tombol ctrl+A, berarti kita memblok semua tulisan kita, atau ctrl+E untuk membuka jendela explorer
  3. Tombol keyboard juga memiliki tombol fungsi, anda bisa melihatnya pada keyboard anda, tombol fungsi ditandai dengan huruf dan angka yang mengikutinya, seperti ; f1-f12. Tombol fungsi ini bekerja sesuai dengan perintahnya, seperti ketika anda menekan f5, berarti anda merefresh jendela yang anda buka pada monitor anda.
  4. Tombol keyboard memiliki tombol esc, enter, alt, dsb. Tombol ini dinamakan tombol alternate yang berfungsi sesuai dengan perintahnya, fungsi tombol alternate berkaitan erat dengan penggunaan dokumen dan pengoperasian computer
  5. Tombol keyboard juga memiliki tombol navigasi, yang fungsinya untuk menaik turunkan dan menggeser kana kiri jendela computer kita. Tombol yang termasuk tombol navigasi adalah tombol Page Down berfungsi untuk menurunkan layar ke bawah, Page Up berfungsi untuk menaikan layar ke atas, tombol End untuk memindahkan kursor ke akhir kalimat, tombol Home untuk mengembalikan kursor ke awal kalimat.

Bagaimana pembaca setelah membaca artikel pengertian dan fungsi tombol keyboard lebih mengerti kan tentang fungsi dari tombol keyboard. Semoga artikel ini memberikan manfaat juga wawasan untuk para pembaca. Jangan bosan untuk membaca!

Related Posts