Manfaat dan Khasiat Kolang Kaling bagi Kesehatan

 Kesehatan

Tahukah Anda mengenai buah kolang kaling? Buah ini jarang dinikmati secara langsung, yang seringkali dilakukan adalah dikonsumsi dengan cara diolah menjadi sampuran es buah, es campur, es teller, dan jenis minuman lainnya. Buah yang memiliki nama lain buah atap ini memiliki berbagai macam kandungan zat-zat yang baik bagi tubuh sehingga manfaat dan khasiat kolang kaling bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Buah ini sangat popular saat bulan Ramadhan karena diolah menjadi berbagai minuman yang segar ketika buka puasa tiba. Untuk mendapatkan buah ini tidaklah terlalu sulit, Anda bisa membelinya di pasar atau supermarket. Buah ini memiliki warna kulit hitam, daging buah berwarna putih dan teksturnya kenyal, serta berbentuk lonjong.

Penyajian buah ini biasanya harus dimasak terlebih dahulu untuk menghilangkan lendir-lendir yang menempel pada daging buahnya. Buah yang termasuk ke dalam jenis buah camilan ini banyak mengandung air, yakni sekitar 98%. Untuk bisa menjadi kolang-kaling yang dijual di pasaran, terlebih dahulu harus melalui proses yang tidak mudah. Dari buah aren yang baru dipetik lalu dibakar untuk menghilangkan getahnya. Kemudian dibelah dan diambil isinya lalu direndam dalam air kapur berhari-hari, setelah ditiriskan barulah kolang kaling bisa dipasarkan. Proses yang lama tersebut sebanding dengan kandungan nutrisi di dalamnya. Kolang kaling mengandung protein, karbohidrat, kadar abu, dan serat kasar.

8

Dalam segi khasiat, kolang kaling tidak kalah dengan buah-buah lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat kolang kaling bagi kesehatan yang didapat dari beragam kandungan nutrisinya.

  • Untuk memperlancar pencernaan karena kandungan serat kasar yang sangat bagus dan karbohidrat yang mampu memberikan rasa kenyang serta energi.
  • Obat radang sendi karena mengandung galaktomanannan yang berfungsi meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan pada sendi.
  • Mencegah osteoporosis karena kandungan kalsium yang cukup tinggi sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh.
  • Getah kolang kaling bisa digunakan untuk mengobati gatal-gatal dengan cara membalurkan getah pada area kulit yang gatal.

Salah satu kandungan kolang kaling adalah galaktomanannan yang berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit sendi. Hal ini karena galaktomanannan bersifat analgesic atau meredakan sakit sehingga ampuh untuk mengurangi rasa sakit pada radang sendi tersebut. Memang selama ini yang paling terkenal adalah khasiat kolang kaling untuk mengobati radang sendi yang biasanya menjadi penyebab gejala sakit pada lutut setelah berjalan atau beraktivitas lainnya. Caranya dengan merebus buah kolang kaling tanpa gula atau pewarna, setelah matang bisa langsung dikonsumsi sebagai camilan setiap harinya. Cara lainnya bisa dengan mengolah kolang kaling menjadi manisan dengan ditambah gula batu, daun pandan, dan jahe. Direbus hingga matang dan langsung disajikan.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat kolang kaling bagi kesehatan tubuh kita. Pengolahan yang benar dan teoat juga menjadi salah satu kunci agar kolang kaling bisa memberikan khasiat yang maksimal pada tubuh. Ternyata kolang kaling yang selama ini dianggap sebagai pelengkap dalam beberapa olahan minuman es, memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan dan mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Related Posts