Manfaat Sholat Dhuha

 Kesehatan

Sholat dhuha adalah ibadah sholat sunnah yang bisa dikerjakan mulai matahari terbit kira-kira sepenggalah dan berakhir hingga sedikit menjelang masuknya waktu sholat dhuhur. Meski begitu, disunnahkan melaksanakan sholat dhuha saar matahari sudah agak tinggi atau saat panas mulai agak terik. Manfaat sholat dhuha telah diriwayatkan oleh banyak hadits dan para ulama. Telah banyak dikatakan bahwa sholat dhuha memiliki manfaat yang sangat dahsyat, tak hanya bagi batin, melainkan juga bagi kesehatan kita. Meski termasuk ke dalam sholat sunnah, sholat dhuha perlu dijadikan rutinitas setiap hari agar manfaat-manfaatnya bisa dirasakan dan sebagai doa sebelum memulai aktivitas harian.

Rasulullah pernah menyampaikan, “Siapapun yang melaksanakan sholat dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak busa lautan”. Keutamaan dan manfaat dari sholat dhuha pernah diriwayatkan oleh Abu Daud dan Ahmad dari Abu Dzar yang mengemukakan bahwa Rasulullah pernah bersabda, “Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab setiap kali bacaan tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh orang lain agar melakukan amal kebaikan adalah sedekah, melarang orang lain agar tidak melakukan keburukan adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat dhuha.”

5

Dari kedua sabda di atas telah bisa kita pahami bahwa manfaat sholat dhuha sungguh luar biasa. Dosa sebanyak apapun akan diampuni bila melaksanakannya secara istiqamah dan pahalanya sama dengan bersedekah seperti membaca tasbih, tahmid, takbir, tahlil, dan berbuat baik lainnya. Di dalam sebuah hadits juga pernah diriwayatkan bahwa Allah SWT akan menjamin kecukupan kebutuhan atau rezeki hambanya yang tidak bermalas-malasan dengan senantiasa rajin menjalankan sholat dhuha. Untuk itu, diharapkan bagi kita untuk mengamalkan sholat dhuha secara rutin sedikitnya 4 rakaat setiap harinya. Rasulullah pernah bersabda, “Sholat dhuha itu adalah sholat orang yang kembali kepada Allah setelah orang-orang mulai lupa dan sibuk bekerja, yakni pada waktu anak-anak unta bangun karena panas tempat berbaringnya”.

Tak hanya untuk mendapatkan banyak pahala dan rezeki dari Allah SAW, sholat dhuha juga memberikan berbagai manfaat secara medis bagi kesehatan tubuh. Sholat memang mempunyai kombinasi yang sangat unik untuk setiap gerakannya. Sholat dhuha terlebih lagi karena waktu pelaksanaannya yang sangat khusus, waktu ketika tubuh memerlukan energi lebih tetapi  juga harus bersiap menghadapi stress rutinitas harian. Terlebih lagi sholat dhuha tidak hanya bermanfaat untuk mempersiapkan diri menghadapi rutinitas, tetapi juga menangkal stress yang mungkin muncul dalam rutinitas tersebut.

Manfaat sholat dhuha bagi kesehatan secara medis yang lainnya adalah hilangnya ketegangan karena tubuh mengeluarkan zat-zat enkefalin dan endorphin saat melakukan gerakan-gerakan sholat. Zat enkefalin mampu memberikan rasa bahagia, lega, tenang, dan rileks secara alami. Selain itu, juga bisa menjadikan seseorang lebih menyenangkan, optimis, dan menebarkan aura bahagia kepada lingkungan di sekitarnya. Subhanallah, begitu banyak manfaat dan khasiat yang bisa kita dapatkan bila secara rutin melaksanakan sholat dhuha. Yuk, kita rutin sholat dhuha mulai sekarang!

Related Posts