Pengertian dan Fungsi Nukleus

 Pengetahuan

Mari kita kembali ke dunia alam! jangan bosan – bosan ya! Kali ini penulis mengajak pembaca untuk mendalami dunia alam yang berkaitan dengan pelajaran Biologi. Setelah sebelumnya kita telah membahas fungsi membrane sel, sekarang giliran nucleus yang mendapat jatah untuk tema pembahasan dalam penulisan artikel kali ini. Pembaca tahu tidak tentang nucleus? Jika tahu, bisa tidak pembaca menjelaskan nya secara rinci dengan penjabaran yang lengkap dan tentu saja harus benar. Jika pembaca belum bisa menjelaskan mengenai pengertian dan fungsi nukleus, mari simak pembahasan pengertian dan fungsi nucleus kali ini. Tapi bagi yang sudah bisa menjabarkannya penulis mengajak agar anda tetap membaca dan mengikuti pembahasan kali ini, untuk menguji sejauh mana ilmu yang anda punya.

Nukleus dikenal dengan nama inti sel. Jadi apa pengertian nucleus (inti sel) ini? Nucleus (inti sel) adalah pusat kendali yang di temukan dalam semua sel, pengertian ini tidak berbeda jauh jika dikaitan dengan fungsi otak dalam tubuh. Otak dalam tubuh berfungsi sebagai pusat kendali tubuh, hampir sama dengan nucleus, dalam tubuh nucleus berperan sebagai pusat kendali sel.  Nucleus bertanggung jawab dalam mengendalikan sebuah sel, apa yang harus dilakukannya dan apa yang tidak perlu dilakukan. Nucleus (inti sel) berbentuk untaian molekul rantai DNA yang bergabung dengan berbagai protein lalu membentuk kromosom. Dalam hal ini, nucleus biasanya berbentuk bulat / elips tetapi ada juga yang berbentuk oval atau piringan. Secara umum, nucleus berfungsi sebagai pengatur seluruh aktifitas dalam sel dengan mengatur fungsi gen dan pengolahannya. Apakah hanya sesingkat itu fungsi dari nucleus (inti sel)? Untuk melengkapi pembahasan mengenai pengertian dan fungsi nucleus  kali ini, mari kita bahas bersama apa saja fungsi lengkap nucleus (inti sel). Nucleus berfungsi sebagai ;

3

  1. Nukleus berfungsi dalam mengelolah banyak kegiatan sel, maksudnya adalah nucleus mengawasi banyak proses yang terjadi di dalam sel.
  2. Nukleus berperan dalam fungsinya untuk melindungi DNA, maksudnya adalah nucleus menyimpan informasi genetic (GEN) dalam bentuk DNA
  3. Nukleus sebagai tempat terjadinya replikasi (replikasi adalah perbanyakan DNA) dan transkripsi (transkripasi adalah pengutipan DNA)
  4. Nukleus mengatur kapan dan dimana ekspresi gen dimulai, diproses, dan di akhiri
  5. Nukleus mengendalikan proses berlangsungnya metabolism di dalam sel
  6. Nukleus membentuk ribosom dari subunit ribosom, ribosom adalah situs untuk sintesis protein.
  7. Nukleus mendukung dan mengontrol pertumbuhan sel dengan cara melakukan sintesis protein
  8. Nukleus mengatur proses metabolisme nutrisi di dalam sel
  9. Nukleus mengatur difusi selektif sel melalui pori – pori pada membrane inti sel
  10. Nukleus berperan dan bertanggung jawab terhadap sekresi ribosom

Bagaimana pembaca? Cukup banyak bukan fungsinya? Kesimpulannya menurut penulis adalah, nucleus memiliki peranan yang cukup penting dalam hal yang berkaitan erat dengan pembentuk sifat dari induk ke anaknya. Penulis akhiri pembahasan mengenai pengertian dan fungsi nukleus kali ini semoga menambah pengetahuan, wawasan, dan ilmu positif bagi pembaca yang membacanya.

Related Posts