Pengertian dan Fungsi Mouse

 Pengetahuan

Mouse. Apa yang tersirat di pikiran anda ketika disinggung kata mouse? Mouse bukan lah suatu benda yang terbilang asing di kalangan masyarakat, khususnya bagi pengguna setia komputer. Tahukah anda pengeertian dan fungsi mouse? Untuk memahaminya simaklah pembahasan artikel kali ini!

Artikel ini diberi judul pengertian dan fungsi mouse. Apa itu mouse? Mouse diartikan sebaagai perangkat keras yang dihubungkan ke komputer dengan atau tanpa kabel. Dalam bahasa inggris, kata mouse diartikan sebagai tikus. Hal ini berhubungan dengan perangkat keras pada komputer tersebut. Perangkat keras tersebut diberi nama mouse karena bentuknya yang seperti ekor tikus. Coba saja anda lihat bentuk mouse yang ada pada komputer anda!

Untuk melengkapi pembahasan pengertian dan fungsi mouse kali ini, kita akan sama – sama menjabarkan fungsi mouse yang ada dalam komputer. Mouse memiliki banyak fungsi, diantaranya adalah :

2

  1. Mouse berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan pada lembar kerja
  2. Mouse berfungsi sebagai penggerak pointer untuk menentukan kursor ke layar monitor yang dituju
  3. Mouse berfungsi digunakan dalam beberapa kegiatan seperti ; double klik, ( untuk membuka file ), klik untuk menaham dan menggeser file, klik ( untuk memilih sebuah item ), drag drop ( untuk memindahkan item ), dan klik kanan ( menampilkan pilihan menu perintah )
  4. Pada mouse, terdapat roda scroll, roda scroll berfungsi untuk melakukan scrolling pada layar komputer
  5. Mouse berfungsi untuk mendeteksi beberapa gerakan 2D secara relative ke posisinya sekarang
  6. Mouse digunakan untuk melakukan perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, dengan klik 2x tombol kanan pada mouse, berfungsi sebagai tombol enter pada perintah eksekusi
  7. Mouse membuat pekerjaan kita yang berhubungan dengan komputer menjadi lebih mudah, ringan dan cepat. Seperti kegiatan kita mengedit suatu foto akan terasa sulit tanpa penggunaan mouse
  8. Mouse menginput perintah pada komputer, perintah ini sesuai dengan perintah dari pengguna komputer
  9. Mouse melakukan instruksi dan konversi ke sinyal elektronik yang dapat dimengerti dan dipaahami oleh system komputer
  10. Mouse berfungsi sebagai penggerak pointer untuk menentukan kursor ke layar monitor

Memang, tidak hanya mouse yang dapat digunakan sebagai alat penggerak pada komputer kita. Touchpad juga memiliki fungsi dan cara kerja yang sama dengan mouse, meskipun begitu para pengguna setia mouse tetap menggunakan mouse sebagai penggerak dari kursornya. Dari pembahasan pengertian dan fungsi mouse kali ini, penulis menarik kesimpulan sebagai berikut :

 

Mouse merupakan salah satu perangkat keras ( aksesoris komputer ) yang dihubungkan dalam komputer, dan bertujuan untuk memudahkan pengguna komputer untuk menggerakan jendela layar pada komputer, penggunaan mouse juga mempermudah kerja pada sistem komputer dalam memasukan suatu input/ perintah

Sekian pembahasan pengertian dan fungsi mouse kali ini, semoga pembahasan kali ini menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi anda yang membaca artikel ini. Teruslah menambah ilmu anda dengan membaca, dan taklukan dunia dengan ilmu yang anda kuasai.

Related Posts