Fungsi Vlookup dan Hlookup Pada Excel

 Pengetahuan

Penggunaan Microsoft excel untuk menghitung tidak perlu ditanyakan lagi. Microsoft excel memang memiliki banyak fungsi yang dapat mempermudah kita dalam proses perhitungan cepat. Maksudnya adalah dengan Microsoft excel, kita dapat menjumlahkan, mengurangi, membagi, dan mengalikan angka – angka dengan nilai yang besar dengan mudah. Tidak hanya itu, Microsoft excel juga mempermudah kita dalam proses pembuatan table dan grafik yang terlihat rumit, dan masih banyak fungsi Ms. Excel yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu pada pembahasan kali ini. Disini, kita tidak akan membahas fungsi Microsoft excel, melainkan membahas fungsi salah satu fungsi dalam Ms. excel. Setelah kita membahas fungsi IF pada pembahasan sebelumnya sekarang giliran kita membahas fungsi vlookup dan hlookup pada excel. Marilah sama – sama kita simak pembahasan kali ini.

Fungsi vlookup dan hlookup pada excel berguna saat kita menggunakan table referensi dalam Ms. excel. sesuai dengan namanya, vlookup ( vertical look up ) digunakan untuk membaca table data yang disusun secara vertival ( tegak lurus ), sedangkan hlookup ( horizontal look up ) digunakan untuk membaca table yang disusun secara mendatar ( horizontal ). Meskipun berbeda kata vertical dan horizontal saja antara vlookup dan hlookup masih terdapat perbedaan yaitu dari gabungan formula IF dan Vlookup right.

4
Sesuai dengan definisi di atas, fungsi vlookup dan hlookup pada excel memiliki fungsi utama dalam sistem pembacaan table di dalam Ms. Excel. Fungi vlookup pada excel terdiri dari :
1. lookup_value adalah Nilai yang akan dicari pada kolom pertama tabel . pengertian lookup_value dapat berupa satu nilai atau referensi.
2. range_lookup Opsional adalah Nilai logika yang menetapkan apakah Anda ingin VLOOKUP menemukan hasil yang persis sama atau mendekati.

Penggunaan fungsi vlookup pada Ms excel tidak berbeda jauh dengan penggunaan fungsi hlookup pada Ms excel, keduanya memiliki fungsi yang dibilang sama/ mirip, berbeda system pengerjaannya saja. Vlookup dikerjakan secara vertical, dan hlookup dikerjakan secara horizontal. Dalam kegunaan sehari – hariu, fungsi vlookup dan flookup pada excel digunakan untuk keperuan seperti :
1. Perhitungan gaji pokok karyawaan
2. Menghitung tunjangan karyawan
3. Menghitung transportasi
4. Menghitunng total gajio pookok
5. Menghitung pajak
6. Menghitung gaji bersih.
7. Fungsi vlookup dan hlookup berhubungan dengan fungsi IF dalam Ms. Excel

Sudahkah anda memahami fungsi vlookup dan hlookup pada excel? Dalam kehidupan sehari – hari Ms excel sangat berperan terutama dalam dunia industry kerja, Ms excel mengambil banyak peranan penting dalam kehidupan kita sehari – hari, penggunaan Ms excel tanpa rumus – rumus yang ada di dalamnya dapat dikatakan menjadi hal yang sia – sia. Oleh karena itu, kita sebagai pengguna excel sudah sepantasnya mengerti tentang rumus fungsi yang ada dalam mM excel, salah satunya adalah fungsi vlookup dan hlookup pada excel.

Semoga pembahasan fungsi vlookup dan hlookup pada excel kali ini menambah pengetahuan pembaca, juga memberikan ilmu baru sehingga memudahkan anda untuk mencari jawaban yang berhubungan dengan fungsi vlookup dan hlookup pada excel.

Related Posts