Pengertian dan Fungsi Enzim

 Pengetahuan

Dapatkah anda menjelaskan tentang pengertian dan fungsi enzim? Enzim, bukanlah hal yang terbilang tabu di kalangan masyarakat, khususnya anda yang mengeluti dunia sains, pasti mengerti apa itu enzim, dan bagaimana fungsi serta bagian – bagiannya. Pembahasan artikel kali ini berkaitan dengan enzim, meskipun sudah tidak asing di telinga anda, tetapi penulis yakin, anda yang yang tidak menguasai ilmu sains masih kesulitan untuk mengartikan dan menjabarkan fungsi dari enzim, untuk itu simaklah pembahasan berikut.

Artikel kali ini diberi judul pengertian dan fungsi enzim. Menurut ilmu alam, enzim diartikan sebagai biokatalisator yang terdiri atas protein atau suatu senyawa yang berkaitan dengan protein. Sehingga enzim juga diartikan sebagai, protein bermolekul besar dengan bobot molekul mencapai ribuan. Maksud kata biokatalisator adalah enzim berperan sebagai katalis yang berfungsi untuk mempercepat reaksi biologi tanpa mengalami perubahan reaksi kimia. Enzim terdiri dari bagianyang berupa protein (apoenzim) dan bagian yang bukan protein (koenzim/ gugus prosetik). Dalam menjalankan tugasnya, aktifitas enzim dipengaruhi oleh beberapa fator, seperti :

2

  • Suhu, suhu yang tinggi akan menurunkan aktifitas enzim dan merusak fungsi dari enzim tersebut
  • pH, perubahan pH dapat membalikan kegiatan enzim
  • Air, yang berperan untuk memulai kegiatan enzim
  • Zat penghambat, seperti raksa akan menghambat aktivitas kerja enzim
  • Substrat, berhubungan dengan hasil akhir, jumlah substrat mempengaruhi jumlah hasil akhir, dan jumlah hasil akhir mempengaruhi aktifitas enzim. Semakin banyak hasil akhir akan semakin menghambat aktivitas enzim.

Setelah menjabarkan pengertian, sudah pahamkah anda dengan pengertian enzim? Tidak lengkap rasanya jika hanya membahas pengertian, pembahasan pengertian dan fungsi enzim kali ini, penulis juga mengajak pembaca untuk menjabarkan apa saja fungsi dan peranan enzim untuk metabolism tubuh. Dalam proses metabolism, enzim berperan sebagai ;

  1. Sesuai dengan pengertiannya, enzim berfungsi untuk mempercepat reaksi
  2. Enzim berfungsi untuk mengatur sejumlah reaksi yang berbeda dalam waktu yang sama
  3. Enzim berperan dalam proses pencernaan dan metabolism tubuh manusia, yang berhubungan dengan proses lanjutan dalam sistem pencernaan dan metabolism manusia tersebut. Contoh enzim yang ada pada sistem metabolism tubuh adalah sebagai berikut :
  • Enzim katalase berperan untuk mengubah perioksida menjadi air dan hydrogen
  • Enzim hidrase berperan untuk mengatur volume air dari suatu senyawa tanpa menguraikan senyawa yang bersangkutan
  • Enzim oksidasi, berperan untuk memperkuat penggabungan oksigen dengan substrat pada saat bersamaan

Sedangkan contoh enzim dalam sistem pemcernaan adalah sebagai berikut :

  • Amilase, berperan untuk merombak karbohidrat menjadi glukosa
  • lipase berperan untuk menguraikan lemak menjadi asam lemak
  • proteasea beperan untuk memecah protein menjadi asam amino

Tanpa bantuan enzim, metabolism dan kinerja sistem dalam tubuh dapat terganggu, sehingga menimbulkan efek seperti gangguan pencernaan, gangguan kesimbangan hormone dan gangguan – gangguan lainnya. Sekian pembahasan pengertian dan fungsi enzim, semoga pembahasan kali ini memberikan manfaat dan manambah wawasan untuk anda yang membaca artikel ini. Teruslah membaca dan jangan lelah mencari ilmu alam yang tak terbatas.

Related Posts