Manfaat Air bagi Kehidupan dan Kesehatan

 Kesehatan

Air merupakan kebutuhan mendasar bagi seluruh makhluk hidup. Tidak ada satu pun makhluk hidup yang bisa bertahan hidup di dunia ini bila tidak ada air. Bahkan, ada penelitian yang menyebutkan bahwa manusia bisa bertahan tanpa makan selama 2 – 3 hari, tetapi mereka tidak akan bisa bertahan tanpa minum meski hanya sehari. Manfaat air bagi kehidupan dan kesehatan tidak bisa lepas dari peranannya sebagai bagian terpenting dalam kelangsungan hidup semua makhluk di muka bumi ini. Air memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan, terutama kehidupan manusia. Sekitar 75% tubuh manusia terdiri atas air. Bagian tubuh yang paling penting dan memiliki kadar air lebih dari 80% adalah otak dan darah. Oleh karena itu, manusia disarankan meminum air 8 – 10 gelas setiap harinya. Nah, manusia tidak dapat terlepas dari air, bukan?

Sama halnya dengan peran air bagi kehidupan makhluk hidup lainnya dan peran air bagi kehidupan itu sendiri. Hewan dan tumbuhan memerlukan air untuk bertahan hidup dan bertumbuh kembang. Bila di suatu tempat mengalami musibah kekeringan, bukan hanya manusia yang merasakan dampaknya, hewan dan tumbuhan pun ikut merasakan musibah tersebut. Tumbuhan menjadi kering dan mati, hewan menjadi kehausan dan mati, sementara manusia mulai sulit melanjutkan hidup karena tidak bisa minum, mandi, mencuci, dan memasak.  Di dalam kehidupan, air juga digunakan untuk industri, pertanian, rekreasi, transportasi, dan lain sebagainya. namun, air juga bisa menjadi musibah jika terlalu berlimpah, misal banjir, tsunami, atau air bah. Oleh karena itu, kita harus bisa menjaga keberadaan air agar bisa bermanfaat bagi kesehatan dan kehidupan bersama.

3

Manfaat air bagi kehidupan dan kesehatan sudah bukan hal yang rahasia lagi. Bagi kesehatan, air memiliki banyak manfaat, antara lain.

  • Menjaga berat badan secara alami karena mampu membuang kotoran-kotoran dalam tubuh berupa lemak.
  • Memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker dan mencegah timbulnya batu ginjal dan hati.
  • Merawat kecantikan kulit dan wajah karena air mampu melembapkan kulit, mengatasi kulit kering dan keriput, serta menjaga kebersihan kulit dengan mandi air bersih secara rutin.
  • Memberikan efek relaksasi ada tubuh sehingga tubuh menjadi lebih fresh.
  • Meningkatkan produksi hormon testosterone pada pria dan hormon esterogen pada wanita sehingga juga meningkatkan kesuburan.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh agar stamina tetap bugar.
  • Memperlancar sistem pencernaan dengan cara mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Dengan begitu, masalah-masalah pencernaan dan sembelit akan teratasi, begitu pula kalori akan terbakar secara efisien.
  • Menjaga otak tetap bekerja dengan efektif dan mengurangi risiko sakit kepala.
  • Menyehatkan jantung dan menyembuhkan penyakit reumatik, penyakit saluran papas, usus, dan stroke.

Begitu banyak manfaat air bagi kehidupan dan kesehatan. Sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk menjaga kelestarian, kualitas, dan kuantitas air di muka bumi ini. Air bisa dijaga keberadaannya dengan cara berhemat, mendirikan saluran-saluran air yang bagus, menjaga kelestarian hutan karena hutan mampu menyimpan cadangan air yang sangat banyak. Air mungkin adalah hal yang dianggap sepele, tetapi memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan kita.

Related Posts