Manfaat Yoghurt bagi Kesehatan

 Kesehatan

Yoghurt merupakan salah satu jenis minuman yang dibuat dari olahan susu yang difermentasi dengan sebuah bahan kimia khusus makanan. Jika dulu yoghurt hanya bisa dibuat dari susu sapi, saat ini yoghurt juga bisa diproduksi dari bahan susu kedelai. Yoghurt banyak diminati karena manfaat yoghurt bagi kesehatan tidak kalah dengan manfaat susu itu sendiri. Sebagian besar kandungan vitamin dan mineral di dalam susu juga masih terkandung di dalam yoghurt. Sebagian besar masyarakat malah lebih suka mengonsumsi yoghurt karena rasanya lebih enak dan memiliki berbagai macam pilihan rasa buah yang nikmat. Untuk Anda yang memiliki kasus alergi terhadap susu bisa mengonsumsi yoghurt sebagai solusinya karena struktur laktosanya telah dirusak oleh bakteri di dalamnya.

Manfaat yoghurt bagi kesehatan. Yoghurt difermentasi menggunakan bakteri khusus. Tekstur yoghurt sangat lembut dan agak kental, rasanya sedikit asam karena proses fermentasi tersebut dan tentu saja nikmat. Di dalam yoghurt terkandung protein, mineral, dan beberapa vitamin yang sangat penting bagi tubuh. Dalam proses pembuatan susu menjadi yoghurt, fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma yang unik pada yoghurt, termasuk rasa asa yang dimilikinya. Yoghurt memang telah dikenal sebagai salah satu minuman yang bermanfaat bagi kesehatan, tetapi tak banyak yang tahu bahwa yoghurt juga bisa dimanfaatkan sebagai pembersih barang-barang yang terbuat dari logam. Hal tersebut karena yoghurt mengandung asam laktat yang cukup efektif untuk menghilangkan noda.

1

Khasiat yoghurt sudah lama dipercaya sangat baik bagi kesehatan. Apa saja khasiatnya? Berikut ini adalah paparan lengkap mengenai manfaat yoghurt bagi kesehatan yang bisa menjadi tambahan referensi bagi Anda, pencinta yoghurt.

  • Mengatasi bau mulut yang tidak sedap karena bakteri baik di dalam yoghurt akan melawan bakteri jahat di dalam mulut.
  • Meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh karena kandungan probiotik di dalam yoghurt mampu merangsang sel darah putih untuk melawan infeksi yang mungkin terjadi di dalam darah.
  • Menangkal berbagai jenis penyakit karena kandungan vitamin, vitamin B3, dan B12 pada yoghurt lebih baik daripada pada susu biasa. Vitamin B12 berfungsi menghasilkan energi, menjaga sistem syaraf, dan menjaga kinerja otak agar tetap baik. Vitamin A mampu menjaga kesehatan mata, kesehatan kulit, dan menangkal berbagai infeksi.
  • Sangat baik untuk sistem pencernaan karena di dalam yoghurt terdapat bakteri yang sangat bermanfaat dalam mengontrol tingkat keasaman di dalam lambung dan usus sehingga bakteri sehat tersebut mampu mencegah berbagai jenis penyakit pencernaan, seperti konstipasi dan diare.
  • Menjaga kesehatan usus karena kandungan kultur aktif dan hidup sangat baik mengatasi gangguan pencernaan.
  • Menurunkan risiko infeksi akibat adanya jamur.
  • Membantu menurunkan berat badan sehingga sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Dalam prosesnya menurunkan berat badan, yoghurt juga akan meningkatkan massa otot di dalam tubuh.
  • Menjaga kesehatan tulang karena mengandung kalsium dan vitamin D yang baik bagi tulang. Kalsium tersebut juga akan membuat tulang menjadi lebih padat dan kuat.

Related Posts