Pengertian dan Fungsi Printer

 Pengetahuan

Anda pasti tahu dengan printer. Untuk menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan pengertian dan fungsi printer, juga anda pasti tidak merasa kesulitan. Tapi, pada pembahasan kali ini, penulis akan memberikan pemahaman yang lebih untuk anda, sehingga anda tidak hanya mengetahui fungsi dan pengertiannya secara singkat tetapi bisa menjabarkannya secara lengkap dan teoritis.

Artikel kali ini dibuat untuk lebih memperdalam ilmu dan pengetahuan pembaca tentang pengertian dan fungsi printer, untuk itu simaklah pembahasan berikut! Penulis mengajak anda agar kita sama – sama belajar dapat mendapatkan ilmu lebih di pembahasan kali ini, dan pembahasan berikutnya. Printer, diartikan sebagai perangkat keras suatu komputer yang bekerja apabila pengguna komputer menghubungkan komputer dengan printer untuk keperluan yang berhubungan dengan proses pencetakan. Sebelum ada komputer, masyarakat menggunakan mesin ketik untuk keperluannya yang berhubungan dengan tulisan. Hasil dari sebuah mesin ketik bisa langsung dilihat secara nyata, sedangkan saat seseorang menggunakan komputer, hasil pekerjaannya hanya bisa dilihat dalam layar monitor. Untuk itu, dibutuhkan adanya mesin printer. Jadi, apa saja fungsi printer? Berikut akan dijabarkan beberapa fungsi printer. Fungsi printer adalah sebagai berikut :

8
Printer berfungsi untuk mempermudah pekerjaan seseorang yang berhubungan dengan proses mencetak suatu tulisan yang telah dibuat dalam sistem komputer.  Printer berfungsi untuk seseorang dalam melihat hasil tulisan yang telah dibuatnya dalam sistem komputer. Printer berfungsi dalam bidang kedokteran, hal ini dikarenakan printer dapat mencetak hasil – hasil yang berhubungan dengan seorang pasien, sehingga pasien tidak perlu melihat langsung pada layar monitor komputer.

Printer berfungsi dalam bidang pendidikan, seorang mahasiswa/ mahasiswi yang sedang mengurus tugas akhir atau mengumpulkan tugas berupa makalah, dan yang lainnya, sangat membutuhkan mesin printer, karena tidak mungkin dia harus mengerjakannya dengan tulisan tangan/ menyuruh dosennya melihat langsung ke layar monitor

Printer juga sangat berfungsi dalam dunia industry. Hal ini berkaitan dengan sistem kerja setiap industry, tidak mungkin dalam melaporkan suatu hasil proses industry, tidak disertakan laporan pekerjaan yang telah dibuatnya di komputer / hanya melaporkan mengggunakan media mulut. Printer berfungsi mencetak hasil laporan proses industry tersebut, sehingga mempermudah unsure- unsure dalam suatu pabrik untuk memahami apa yang telah terjadi, dan apa yang harus dilakukan.

Setelah mengetahui beberapa fungsi printer, penulis simpulkan bahwa printer berfungsi untuk mencetak berbagai macam tulisan, gambar, grafik, dan komponen – komponen lain yang dibuat seorang pengguna komputer dalam sistem komputernya. Bayangkan saja jika tidak ada printer, seorang mahasiswa harus memboyong – boyong laptop untuk memperlihatkan hasil penelitiannya di hadapan dosen pembimbing, dan masih banyak dampak lain yang akan terjadi apabila mesin printer belum diciptakan di jaman sekarang. Sudah pahmkah anda dengan pengertian dan fungsi printer? Penulis berharap pembahasan kali ini tidak membosankan dan menarik keinginan penulis untuk terus membaca dan mencari ilmu alam yang tidak terbatas. Semoga pembahasan artikel kali ini bermanfaat dan menambah wawasan untuk para pembaca.

Related Posts